Warga Lamtim Berharap Arinal-Nunik Mampu Atasi Kemiskinan di Lampung


Taktik Lampung - Warga Lampung Timur berharap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik) mampu menyelesaikan malah kemiskinan di Lampung.

Terlebih sebagian besar penduduk Lampung berada di pedesaan yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Warga Desa Pasir Sakti, Badriah (46) meminta agar Arinal - Nunik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung menjadikan Provinsi Lampung lebih baik. "Minta apa-apa murah, sukses, orang tani gak terlalu sengsara, cari kerjaan mudah,  walau hanya jadi buruh-buruh juga," ucap Ibu Rumah Tangga ini Sabtu 22 Juni 2018, di sela Halalbihalal Arinal-Nunik dengan menghadirkan Via Vallen di Lapangan Merdeka, Batanghari, Lampung Timur.

Menurutnya, petani dan buruh hidupnya susah. "Ngerti sendiri lah (hidup buruh dan petani). Tani kan susah kalau gagal panen. Udah sekarang apa-apa mahal, upah bajak mahal, upah tanam mahal, obat-obatan juga mahal," keluhnya.

Siti (33) warga Batanghari juga berharap dengan gubernur baru rakyat Provinsi Lampung maju semua. "Maju semua, mulai dari petani,  penjahit juga. Pengennya ada bantuan modal usaha. Soalnya sudah 15 tahun menjahit tapi ya gitu-gitu aja,  gak ada kemajuan. Cuman pas-pasan aja. Ya itu karena terkendala modal," ujarnya.

Menurutnya, saat ini yang berminat untuk menjahitkan baju banyak namun tidak didukung oleh pendanaan. "Sekarang itu kan banyak yang mau jahit,  tapi kita yang sediakan semuanya. Modal kain. Untuk itu kan butuh modal yang banyak. Padahal peluang yang mesen banyak. Mintanya orang kan sudah ada bahan di rumah,  jadi mereka tinggal milih. Sementara modalnya kurang," keluhnya.

Warga Mekar Sari Ahmad (33) meminta kepada calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, Arinal-Nunik jika terpilih nantinya agar jalan akses Mekar Sari kearah Pulau Sari dapat diperbaiki. "Tolong diperbaiki sampai mulus.  Pupuk susah ke luarnya minta petani itu yang enak keluar pupuknya. Kalau pupuk kurang tanaman jelek, positif hasil panen kurang," tuturnya.

Untuk diketahui, calon gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan calon wakil gubernur Lampung Chusnunia memiliki sembilan program utama. Pertama yaitu Kartu Petani Berjaya, peningkatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja baru, percepatan perbaikan infrastruktur jalan dan pemeliharaannya, jaminan keamanan bagi seluruh lapisan masyarakat, penyediaan listrik bagi desa-desa yang belum terjangkau, peningkatan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

Kemudian perlindungan anak dan pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kemudahan layanan administrasi pemerintah bagi seluruh masyarakat. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments