Polda Lampung Layak Naik Tipe A

foto bersama Yusril Hakim Yhs, Menteri PAN RB Asman Abnur dan Darusssalam.
Tak-tikLampung - Pengukuhan Polda Lampung menjadi Tipe A diapresiasi oleh Pengamat Hukum Unila Budiono sebagai bentuk meningkatkan eksistensi dalam hal keamanan dan ketertiban diprovinsi Lampung.

Menurutnya, selain dengan jumlah pertumbuhan penduduk hampir 10 juta jiwa, Provinsi Lampung juga sebagai pintu gerbang pulau sumatra.

" Sudah selayaknya, dan sangat Layak memang Polda Lampung Naik statusnya menjadi Tipe A. Saya sangat mengapresiasi kepada Para tokoh yang sudah memperjuangkanya, Karna pertimbanganya jelas jumlah penduduk yang semakin pesat, dan juga letaknya sebagai gerbang pulau sumatra," katanya saat dihubungi, Minggu malam (30/10)

Ia juga berharap, kenaikan status Polda Lampung membawa rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat Lampung.

" Harapannya jelas rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Lampung, jajaran kepolisian juga harus semakin bersemangat didalam menjalankan tugasnya, dan meningkatkan kinerjanya sebagai aparat penegak hukum" imbuhnya

Ia juga berharap, konflik horizontal yang terjadi dilampung dapat diatasi, karna dengan naiknya status Polda menjadi Tipe A, tentunya menjawab masalah tersebut.

" Besar Harapan, di Lampung tidak ada lagi konflik yang terjadi dimasyarakat, masalah tanah, masalah antara perusahaan dengan masyarakat harus bisa diselesaikan dengan baik, dan itu harus menjadi prioritas Polda Lampung" pungkasnya.

Sementara, diketahui dalam pengukuhan Polda Lampung menjadi Tipe A. Pada Sabtu (29/10) kemarin. Inspektur Pengawas dan Umum (Irwasum) Polri Komjend Dwi Priyatno mengatakan, Orang yang berjasa dalam peningkatan tipe Polda Lampung, dari B ke Tipe A akan mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jendral Tito Karnavian.

"Orang yang berjasa, nanti akan dilaporkan terlebih ke Kapolri, apakah dalam bentuk penghargaan atau lainnya,"ujar Jendral Bintang 3 Polisi ini saat diwawancarai usai pengukuhan Polda Lampung menjafi Tipe A.Sabtu (29/10)

Beberapa orang yang akan mendapatkan penghargaan itu diantaranya adalah Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Yusril Hakim cs dan beberapa orang lainnya.

Sementara Yusril Hakim,YHS menjelaskan, peningkatan status Polda Lampung dari type B ke A, sudah mulai dicanangkan sejak tahun 2006 saat Kapoldanya zaman Suhardjono Kamino.

"Saat itu saya menjabat Wadir Intelkam Polda, dan Kapoldanya Brigjen Suhardjono Kamino, perjuangan untuk meningkatkan status Polda Lampung dari type B ke A telah dimulai, dan sudah 6 kali usulan diajukan ke Mabes Polri tetapi tidak berhasil,"Tutur Kombes Pol (Purn) Yusril Hakim, YHS, saat diwawancarai di Polda Lampung.

Yusril melanjutkan, tahun 2015 Kapolda Lampung dijabat oleh Brigjen Edwardsyah Pernong, kemudian dikemukakan kembali ide tersebut.

Sampai, kata Yusril, di Zaman Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, akan membantu sengan sepenuhnya peningkatan Polda Lampung.

"di Tahun 2016 pergantian Kapolda lagi yakni dijabat Brigjen Ike Edwin, lagi-lagi kita kemukakan kenaikan status type Polda. Beliau (Dang Ike,red) sangat merespon, dengan diangkatnya saya jadi konsulyan Kapolda Lampung bidang kepolisian dan antar lembaga,"ungkap Yusril.

Selain itu, terus berlangsung bolak-balik ke Jakarta untuk menaikan status, kemudian kata Yusril Ketua MPR RI secara terus-menerus menghubungi Menpan RB Yuddi Crisnandi dan Kapolri.

"Hasilnya dari 4 Polda yang diusulkan disetujui Polda Kalbar, Sulawesi Utara, sedangkan Polda Lampung dan Riau masih perlu pemantaban,"jelasnya.

Lagi-lagi  lanjut mantan Karo Sarpras Polda Lampung ini, menambahkan, pada saat Ketua MPR RI kunker ke Polda Lampung didepan Kapolda Lampung dan para pejabat utama (PJU), Ketua MPR berjanji tetap akan berjuang mewujudkan status Polda tipe A.

"Kemudian mempertemukan Kapolda dan PJU, dengan Menpan RB Yuddi Crisnandi. Akhirnya pertemuan terjadi di Rumah dinas Ketua MPR RI jl. Wican IV No.16 Jakarta Selatab dengan dihadiri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan sekjend PAN, Menpan RB Yuddi Crisnandi dan staf ahli, staf khusus Menteri LHKH Nuril Hakim YHS, kaitan dengan rencana pemberian lahan 50 Hektar guna pembangunan Polda Lampung di Kota Baru Lampung Selatan, Kapolda Lampung sebelumnya yakni Brigjend Ike Edwin waka Polda Kombes Bonifasius Tampoi, Irwasda Kombes Budi Susanto, Kombes (Purn) Yusril Hakim, dan Darussalam, segera menemui Kapolri zaman Jendral Badroedin Haiti dan juga belum berhasil,"jelasnya lagi.

Akhirnya, kata Yusril terjadi pergantian Menpan RB ke Asman Abnur yang juga kader PAN dan pada kesempatan itu dia dan Irwasda serta Darussalam menghadap Menteri dan menyerahkan dokumennya.

"Lagi-lagi saya menghadap Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada waktu acara ultah Ketua MPR RI ke 54 dikediamannya. Hasilnya Ketua MPR memanggil Asman Abnur Menpan RB dan merencanakan dalam waktu dekat akan kunker ke Lampung lagi, tujuannya melihat kesiapan Polda. Akhirnya Ketua MPR RI dan Menpan RB datang, didampingi 2 Deputy yaitu Ibu Diah Deputi Bidang Pengawasan dan Ibu Ririn Deputi bid. Kelembagaan. Hasilnya dalam waktu seminggu akan dikeluarkan SK Penetapan kenaikan status Polda Lampung dari type B ke A. Nah tanggal 19 September 2016 terbitlah SK Menpan RB no.B/3/08/M.PanRB/9/2016. Hal pengaturan susunan organisasi dan tata cara kerja Polri. Isinya adalah peningkatan Polda Lampung type B ke type A dengan jenjang kepangkatan Kapolda Lampung berbintang dua dan Waka Polda Lampung berbintang satu," tutupnya (TL)

Post a Comment

0 Comments