Optimalkan Potensi Sungai, Pemprov Lampung Akan Lakukan Normalisasi

Foto.Ist

Taktik Lampung - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melakukan berbagai terobosan untuk mempercepat pembangunan. Salah satunya dengan mengoptimalkan potensi Sungai.

Seperti diketahui, Lampung terdapat sejumlah sungai yang mengalir serta melintasi kabupaten misalnya Way Seputih, Way Mesuji – Tulang Bawang. Selama ini pemanfaatan sungai baru sebatas untuk mengaliri pesawahan.

“Gubernur menginginkan adanya projek untuk sungai di Provinsi Lampung. Seperti menjadikan sarana transportasi, kegiatan perdagangan, tumbuhnya sentra perekonomian rakyat di seputaran aliran sungai. Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung akan menormalisasikan sungai Way Mesuji dan Way Tulang Bawang, dengan program yang terintegrasi, melalui pembangunan dermaga, jalan dan pusat perdagangan,” ujar Sekdaprov Sutono, Kamis (2/2).

Sekdaprov menjelaskan, penanganan sungai akan lebih dioptimalkan, dengan mengembalikan fungsi sungai secara umum. Yakni sungai sebagai sarana transportasi dan sungai sebagai sumber kehidupan serta tempat kegiatan masyarakat Lampung kedepan.

Sungai yang selama ini hanya untuk mengaliri sawah di bangun menjadi jalur transportasi, di bangun pelabuhan, menjadi pusat ekonomi masyarakat seperti pasar ikan segar, sayuran, dan hasil pertanian lainnya. 

Lebih dari itu sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam yang akan mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar.

“Pemprov Lampung akan menjadikan sungai Tulang Bawang tumbuh berkembang seperti halnya Sungai Ramang-Ramang yang ada di Desa Berau Kabupaten Maros dan Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah,” ujar Sekdaprov. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments