Berikan Layanan Prima, Mustafa Canangkan Program “Jemput Sakit Pulang Sehat”


Taktik Lampung - Layanan prima di sektor kesehatan terus digulirkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa. Mengusung tagline “Jemput Sakit Pulang Sehat”, Bupati Mustafa mencoba memberikan layanan kesehatan sebaik-baiknya untuk masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik. Dari sisi infrastuktur, Pemkab Lamteng telah menyulap rumah sakit daerah Demang Sepulau Raya menjadi rumah sakit yang lebih modern. Mulai dari perwajahan, kelengkapan sarana prasarana kesehatan dan penunjang, semua dilengkapi. 

Tak heran, di era kepemimpinan Bupati Mustafa, RS Demang akhirnya mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima, menjadi satu-satunya rumah sakit tipe C di Lampung yang mendapatkan predikat tersebut. Akreditasi Paripurna menjadi indikasi bahwa RS Demang telah memenuhi standar terbaik. 

“Karenanya warga tak perlu ragu lagi berobat di RS Demang Sepulau Raya, karena predikat paripurna adalah predikat terbaik untuk rumah sakit. Saya sendiri sudah merasakan langsung, ketika saya sakit, saya tidak berobat kemana-mana, tetapi ke Demang. Alhamdulillah lancar dan pelayanan baik,” ungkapnya, Kamis, 25/1/2018.


Layanan ‘Jemput Sakit Pulang Sehat’ ditunjang dengan layanan ambulan gratis di tiap-tiap puskesmas dan rumah sakit. “Program ambulan gratis sudah kami launching, tinggal masyarakat memanfaatkannya. Saya juga sudah instruksikan agar tenaga kesehatan tidak mempersulit proses apapun yang menyangkut kebutuhan kesehatan, yang penting sudah prosedur,” imbuh Mustafa.

Tak hanya dari segi pelayanan dan perbaikan infrastruktur kesehatan, Mustafa yang dikenal dengan bupati ronda ini juga memberikan pengobatan gratis untuk seluruh masyarakat Lampung Tengah. Mulai tahun ini, baik pemilik BPJS ataupun tidak, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas maupun rumah sakit daerah (RS Demang).

“Ini adalah salah satu upaya kami meningkatkan pelayanan kesehatan. Jika biasanya gratis identik dengan BPJS, maka mulai tahun semuanya bisa gratis. Punya atau tidak punya BPJS, berobat di Lampung Tengah gratis,” ungkap Mustafa.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Khairul menuturkan, program pengobatan gratis telah dilaksanakan per 1 Januari 2018. Program ini digulirkan menggunakan anggaran APBD Lampung Tengah dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan warga Lamteng. 

“Sesuai dengan arahan Pak Bupati, tahun ini kita tidak hanya melayani pengobatan gratis untuk BPJS. Yang tidak punya, tetap bisa berobat gratis. Namun nantinya pasien tetap kita arahkan untuk mendaftar BPJS. Untuk fasilitas ambulan, bisa hubungi puskesmas masing-masing, ini sudah kita gratiskan,” jelas khairul. (TL/hen)

Post a Comment

0 Comments