Arinal - Nunik : Umat Budha Ikut Berperan dalam Pembangunan Lampung


Taktik Lampung - Pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Lampung nomor tiga Arinal Djunaidi - Chusnunia mengajak umat Budha di Provinsi Lampung berpartisipasi dalam pembangunan.

Cagub Arinal Djunaidi mengatakan umat Budha di Lampung selama ini telah banyak membantu pembangunan Bumi Ruwa Jurai. "Saya sampaikan Selamat Hari Raya Waisak bagi saudara-saudara kita umat Budha di Lampung dan Indonesia. Peran umat Budha dalam pembangunan tidak bisa dipungkiri terutama dalam hal pariwisata," ucap dia Selasa, 29 Mei 2018.

Vihara di Lampung, lanjut Arinal, sangat banyak tersebar di 15 kabupaten/kota. "Hal ini juga menunjukkan keberagaman Provinsi Lampung. Vihara tidak hanya dikunjungi oleh umat Budha namun juga menjadikan tempat wisata sejarah di Lampung," tuturnya.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini menjelaskan seperti halnya Vihara di Pulau Jawa yang tak pernah sepi dalam kunjungan masyarakat baik dari daerah maupun luar daerah. "Ini juga bisa menjadikan potensi perekonomian masyarakat meningkat. Tak hanya sebagai pariwisata tapi juga edukasi bagi masyarakat karena terdapat unsur kebudayaan," ujarnya.

Sementara, Calon Wakil Gubernur Lampung Chusnunia menambahkan peran umat beragama dalam pembangunan akan menjadikan Lampung lebih baik. "Umat Budha di Lampung selama ini sangat berperan dalam bidang wisata sejarah dan kebudayaan serta edukasi," ucapnya.

Nunik biasa dia disapa menjelaskan vihara yang menjadi tempat ibadah kini juga menjadi tempat edukasi masyarakat mengenai kebudayaan. "Seperti di Bandar Lampung kita punya Vihara Thai Hin Bio yang memiliki nilai sejarah dan selalu ramai. Ini juga agar generasi penerus mengetahui sejarah dan nilai-nilai kebudayaan yang beraneka ragam di Indonesia," tuturnya.

Bupati Lampung Timur nonaktif ini mengatakan keberagamaan menjadi persatuan. "Provinsi Lampung yang memiliki keberagaman ini menjadikan persatuan dan kesatuan kuat," tandasnya.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments