Gubernur Pastikan Kejayaan Olahraga di Lampung

Gubernur Arinal Djunaidi bersama peserta Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XI KONI Provinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (7/8/2019).

Taktik Lampung -
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi pastikan akan membawa kejayaan dan prestasi olahraga di Provinsi Lampung pada masa yang akan datang.

"Mari kita bersama-sama membangun kembali olahraga Lampung dengan hati nurani dan kerja keras yang nyata," ujar Gubernur Arinal saat membuka Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XI KONI Provinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (7/8/2019).

Musorprov XI KONI Provinsi Lampung ini, nantinya akan membahas beberapa hal, diantaranya yakni mengenai pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan KONI Lampung basa bakti 2015-2019 serta membahas dan merumuskan program kerja jangka panjang dan tahunan 2019-2023

Pada Musorprov ini juga nantinya akan memilih dan menetapkan Ketua Umum KONI Provinsi Lampung masa bakti 2019-2023.

Arinal melanjutkan Musorprov ini sebagai tonggak awal dari segala keinginan untuk maju bersama-sama demi kejayaan olahraga Lampung baik tingkat nasional maupun internasional.

"Saya mengajak agar Musorprov ini diisi oleh orang-orang yang memberikan ketauladanan, prestasi dan daya dukung, agar prestasi itu bisa diraih lebih baik," katanya.

Arinal mengatakan untuk membangun KONI Provinsi Lampung agar memiliki tata kelola cabang olahraga (cabor) yang lebih baik dan berprestasi, dibutuhkan pemimpin yang memiliki semangat dan cara berfikir serta beretika dan juga giat bekerja untuk mencapai sukses prestasi.

Apalagi disebutkan Arinal, bahwa Lampung juga harus merebut kembali gelar prestasi yang pernah diraih hingga peringkat lima besar.

"Lampung pernah mencapai prestasi yang luar biasa, mari kita ambil kembali prestasi itu pada masa yang akan datang, kita harus melihat bahwa organisasi KONI ini demi kepentingan olahraga. Cabor kita apabila dikelola dengan baik akan mencapai lima besar yang akan datang, kita harus buktikan itu," ujarnya.

Seperti salah satu cabor yang diunggulkan di Lampung yakni angkat besi dan angkat berat, Arinal mengatakan bahwa dukungan terus diberikan agar atlet Lampung mampu menduduki juara bahkan setingkat internasional.

"Insyallah pada masa yang akan datang saya akan ikut menghadiri didalam kejuaraan dunia di Dubai, agar saya bisa memberikan semangat untuk membuktikan bahwa angkat berat dan angkat besi Lampung akan memberi kontribusi terhadap dunia," katanya.

Tidak hanya dukungan terhadap SDM para atlet, Arinal mengatakan dukungan juga akan dilakukan terhadap penyediaan sarana dan prasarana seperti menyediakan bus dan kantor KONI Lampung.

"Sebentar lagi KONI Lampung akan berangkat ke Bengkulu, saya akan bantu sebuah bus yang representatif dan saya juga akan bantu Kantor KONI sehingga KONI Lampung mempunyai alamat yang jelas. Saya berharap KONI Lampung bisa mengajak semua cabor berada disitu sehingga koordinasi, komunikasi dan langkah operasionalnya bisa dilakukan bersama-sama, karena kekuatan itu timbul karena adanya kebersamaan," ujarnya.

Selain itu, Arinal menyebutkan dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang olahraga di Lampung juga akan dilakukan dengan meminta Presiden untuk membangun Sport Center di Provinsi Lampung.

"Saya bertekad untuk membangun Sport Center yang bertaraf nasional bahkan internasional. Ini sudah saya komunikasikan, dan untuk lahan sebagai syarat sudah saya temukan. Ini saya lakukan karena Lampung ini memiliki potensi untuk menjadi juara-juara baik tingkat nasional maupun internasional, dan kita harus dukung itu," katanya.

Arinal mengatakan hal ini memang sudah menjadi suatu kewajiban dan keharusan baik bagi Pemerintah Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota untuk membangun olahraga prestasi dengan pengoptimalkan pembinaan berjenjang dan berkesinambungan, melalui tersedianya sarana dan prasarana serta SDM keolahragaan yang cukup.

"Kita harus banyak bekerja jangan banyak bicara, karena Lampung memiliki potensi yang luar biasa," ujarnya.

Arinal berharap bahwa cabor dapat membawa nama baik Provinsi Lampung baik tingkat nasional maupun internasional

"Apalagi tahun ini Lampung akan menghadapi babak kualifikasi pra pon dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), untuk itu diharapkan Lampung mampu meloloskan atlet sebanyak-banyaknya agar pada PON 2020 di Provinsi Papua dan Papua Barat, agar Lampung mampu kembali meraih prestasi. Jika pernyataan cabor sanggup, saya juga nyatakan siap menyediakan daya dukungnya," katanya.

Arinal juga berharap kepada Ketua Umum dan juga kepengurusan yang baru untuk mampu terus maju dan bangkit serta mampu berkoordinasi dengan pihak swasta untuk bersama-sama memajukan olahraga di Lampung.

"Kita harus bangun sinergi dengan pihak swasta, saya juga memerlukan pengurus-pengurus yang harus berani maju demi prestasi olahraga pada masa yang akan datang. Saya akan berjuang demi olahraga," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum II Bidang Organisasi, Litbang dan Hukum KONI Pusat, Nanang Djuana Priadi yang hadir pada kesempatan itu mengatakan bahwa Lampung harus bisa mengembalikan kejayaan olahraga dimana pernah meraih lima besar nasional.

"Sejarah di Lampung sudah pernah mencapai lima besar se Indonesia dari 34 Provinsi, dengan pengurus dan dukungan dari pemerintah daerah, mudah-mudahan bisa mengembalikan kejayaan itu," ujar Nanang.

Nanang mengatakan bahwa kunci untuk memperoleh prestasi tersebut adalah bagaimana melakukan pembinaan yang maksimal kepada atlet dan juga pelatih.

"Intinya pada pembinaannya yakni kepada pelatih, atlet dan pelaku olahraga semuanya. Atlet juga harus lebih banyak meningkatkan latihannya," katanya.

Selain itu, menurut Nanang, bahwa perlu juga melakukan kaderisasi terhadap anak-anak muda sebagai calon atlet berprestasi.

"Harus ada generasi penerusnya, harus didapat dari anak-anak muda, itu perlu kita lakukan kaderisasi atlet secara berjenjang terus menerus. Caranya melalui kegiatan-kegiatan PON pelajar dan sebagainya, seperti juga olahraga antara desa dan kampung itu penting, karena dari situ kita mendapatkan bibit-bibit calon atlet, dan didarah harus dilakukan ajang kejuaran sehingga terlihat bakat dari atlet itu," ujarnya.

Nanang meminta kepada atlet-atlet Lampung untuk menyiapkan diri terhadap agenda penting yang akan dilaksanakan tahun 2019 ini dan tahun 2020 mendatang.

"Saya dengar akan ada Porprov di Lampung dan Porwil se- Sumatera tahun ini juga, sehingga manfaatkan momentum itu untuk persiapan menuju PON 2020. Event yang lebih besar lagi yakni di tahun 2019 ini akan dilaksanakan Sea Games di Filipina dimana didalamnya akan ada atlet Lampung yang ikut, diantaranya Angkat Besi, Angkat Berat, Softball, Baseball dan cabor lainnya. Sehingga mohon untuk atlet dari Lampung yang akan memperkuat tim nasional ke Sea Games perlu mendapatkan atensi," ucapnya.

Nanang menyampaikan apresiasi atas arahan, dukungan, bimbingan dan atensi Gubernur Lampung kepada insan olahraga di Provinsi Lampung.

"Semoga dengan kepemimpinan bapak, kami masyarakat olahraga khususnya di Lampung bisa meraih kembali kejayaan itu," katanya.

Dari hasil Musorprov XI KONI Provinsi Lampung yang berlangsung hingga sore hari ini, terpilih M. Yusuf Sulfarano Barusman yang merupakan Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) sebagai Ketua Umum Terpilih KONI Provinsi Lampung masa bakti 2019-2023.(TL/*/HMS)

Post a Comment

0 Comments