Pengurus KONI Lampung dikukuhkan


Taktik Lampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung masa bakti 2019-2023 mampu membawa perbaikan, perubahan, penyempurnaan, dan revitalisasi keolahragaan di Provinsi Lampung.

Hal itu disampaikan pada upacara pengukuhan dan pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung masa bakti 2019-2023 bertemakan "Bersama Mewujudkan Olahraga Lampung Berjaya," di Aula Mahligai Agung Pascasarjana UBL, Bandarlampung, Kamis (5/9/2019).

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus KONI Lampung yang baru saja dilantik. Pelantikan ini, hendaknya menjadi momentum dan semangat baru untuk melakukan dan menyumbangkan berbagai program kerja sesuai visi dan misi khususnya bagi kemajuan prestasi dunia olahraga di tingkat regional, nasional bahkan Internasional," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman secara langsung mengukuhkan dan melantik personalia pengurus KONI Provinsi Lampung masa bakti 2019-2023. Adapun kepengurusan KONI Lampung 2019-2023, diantaranya Ketua Umum, M Yusuf S Barusman; Ketua Harian, Hannibal; Sekretaris Umum, Subeno, dan Bendahara Umum, Lilyana Ali.


Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa KONI memiliki tugas yang berat yaitu mempersiapkan atlet untuk menghadapi even besar, salah satunya adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di Papua. Dan ini merupakan ajang pembuktian bagi pengurus KONI yang baru untuk melakukan terobosan, sehingga Provinsi Lampung dapat meraih hasil yang terbaik. "Untuk itu, mari bersama-sama bersatu membangun kekuatan sehingga mampu menunjukkan prestasi dan kemajuan Olahraga Lampung," jelas Gubernur Arinal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, jelas Gubernur Arinal, diperlukan kerja keras, berpikir cerdas, ikhlas, kejujuran, dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan, sehingga prestasi olah raga di Provinsi Lampung dapat kembali Berjaya. "Lampung memiliki potensi yang sangat besar, bahkan Lampung pernah menduduki peringkat 5 Nasional. Apalagi Lampung mempunyai modal prestasi yang hingga kini sulit tertandingi daerah lain yakni Angkat Besi/Berat, dan ditopang oleh cabor Atletik, Senam dan beberapa cabor lain. Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan harus bekerjasama saling membangun dan menunjukkan prestasi olahraga Lampung," jelasnya.

Gubernur Arinal menuturkan bahwa dirinya akan membangun sport center apabila KONI Lampung mampu menunjukkan peningkatan dan memajukan Olahraga Lampung, serta peringkat Lampung ditingkat Nasional. "Saya akan meminta kepada Presiden terkait pembangunan sport center, yang penting KONI Lampung mampu menunjukkan peningkatan dan memajukan Olahraga Lampung, serta peringkat Lampung ditingkat Nasional," jelas Gubernur Arinal.

Sebagaimana mengutip Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam Rangka HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bahwa kita butuh terobosan-terobosan, jalan pintas yang cerdik, yang mudah, yang cepat. Kita butuh SDM-SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. Kita butuh SDM unggul yang toleran, yang berakhlak mulia. "Untuk itu, saya yakin dan percaya di tangan pengurus yang baru, KONI mampu menjadi ”Garda Terdepan” pembinaan prestasi keolahragaan di Provinsi Lampung, sehingga dapat semakin meningkat," jelasnya.


Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus KONI Lampung yang baru saja dilantik. “Selamat kepada seluruh jajaran KONI Lampung yang telah dilantik. Besar harapan saya, agar KONI Lampung mampu mengemban seluruh amanah dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan olahraga Lampung, serta mengantarkan prestasi atlit untuk mampu berkiprah ditingkat Nasional dan Internasional,” jelas Norman.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran KONI Lampung terdahulu, yang mana telah berupaya dalam memajukan olahraga Lampung selama ini. Seperti pada asean games 2018 lalu, Provinsi Lampung merupakan penyumbang medali bagi kontingen merah putih. 

Norman menjelaskan bahwa dalam dua tahun kedepan, kita akan menghadapi event sea games di Philipina, dan PON 2020 di Papua, serta olimpiade Tokyo. “Peluang Indonesia meraih tradisi medali di even-even besar seperti olimpiade berasal dari cabang olahraga bulu tangkis, angkat besi, dan panahan. Sedangkan Lampung itu gudangnya atlit angkat besi dan angkat berat. Untuk itu, pengurus KONI Lampung yang baru harus bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai pemangku kepetingan dalam memajukan olahraga Lampung,” jelasnya. 


Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Lampung, M. Yusuf S. Barusman, menegaskan siap membawa olahraga Lampung Berjaya. Pengurus KONI Lampung 2019-2023 berjumlah 127 orang. Meski demikian, setiap pengurus memiliki pengalaman dalam olahraga dan masing-masing bidangnya. “KONI Lampung berkomitmen akan terus berusaha memajukan olahraga Provinsi Lampung,” jelasnya.

Untuk menghadapi PON 2020, Yusuf menjelaskan bahwa sudah ada sembilan cabang olahraga yang lolos dengan jumlah atlet 61 putra dan 30 putri. Sedangkan cabang olahraga yang lain masih menunggu hasil dari Pra-PON dan Porwil. (TL/*/HMS)

Post a Comment

0 Comments