Mahasiswa KKN Unila Inisiasi Bangun Perpustakaan Kecamatan di Rawajitu Utara


Taktik Lampung - Mahasiswa KKN Unila Periode 1 Tahun 2020 telah mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Rawajitu Utara dalam pengadaan Perpustakaan Kecamatan guna meningkatkan Literasi Membaca masyarakat Rawajitu Utara.

Kegiatan ini termasuk dalam Program Kerja Kecamatan KKN Universitas Lampung Periode 1 2020 Rawajitu Utara, Mesuji. 
Rendahnya pendidikan Rawajitu Utara yaitu lulusan SD kebawah berdasarkan profil Kecamatan Rawajitu Utara, dengan pembagian masyarakat yang mayoritasnya petani dan nelayan.

Berdasarkan pengamatan mahasiswa serta laporan dari pihak pemerintah kecamatan di Rawajitu Utara perlu adanya pengadaan perpustakaan.

Target pengadaan perpustakaan itu sendiri antara lain mulai dari siswa sampai masyarakat pada umumnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan baik di bidang pendidikan maupun pertanian, perikanan, dan sosial

Camat Rawajitu Utara Samijo mengatakan, tujuan pengadaan perpustakaan ini yaitu agar kantor camat sebagai sumber ilmu, inovasi, dan inspirasi serta kantor camat Rawajitu Utara milik masyarakat. Masyarakat tidak canggung dan tetap pada koridor etika. 

"BP-KKN Unila mendukung Program Perpustakaan demi kebermanfaatan masyarakat sebagai esensi tridarma perguruan tinggi mahasiswa, kami berikan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswa yang ikut berperan dalm pengadaan Perpustakaan Kecamatan Rawajitu Utara" Tambahnya Sekretaris BP-KKN Suparman Arif, M.Pd.,

Mahasiswa KKN Unila dalam pengadaan perpustakaan kecamatan tersebut bekerjasama dengan pemerintah kecamatan rawajitu utara dengan mendapat dukungan dari Bupati Mesuji melalui Dinas Perpustakaan Kabupaten Mesuji.

"Ini adalah bentuk pengaplikasian serta pengabdian Tridarma Perguruan Tinggi, Kami selaku Mahasiswa memiliki tanggung jawab pengamalannya dan perpustakaan ini adalah bentuk pengabdian kami selaku mahasiswa Indonesia." Fadli Adam Karim, selaku Mahasiswa Akuntansi Unila 

Pengadaan perpustakaan kecamatan Mengalih fungsikan gedung aula kecamatan sebagai Gedung perpustakaan itu sendiri, sejauh ini progressnya mulai merenovasi gedung dan penyiapan fasilitas seperti rak-rak buku, meja baca, dll nya serta Pengumpulan buku dari berbagai kalangan, baik Pemerintah, Swasta, dan perseorang. Untuk memaksimalkan penghimpunan buku, kami membuat akun media sosial instagram @hima_seru . Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin menghibahkan bukunya bisa melalui kontak yang tercantum di akun media sosial tersebut.

"Saya turut senang dan bangga terhadap para Mahasiswa yang peduli akan keadaan Masyarakat Rawajitu Utara, dan saya beri apresiasi penuh terhadap mereka yang sangat antusias dalam Pengadaan Perpustakaan Kecamatan ini yang menurut saya memang sangat bermanfaat bagi kemajuan Masyarakat Rawajitu Utara." Welpa Heri (Ketua RT Sungai Sidang, salah satu desa di Kecamatan Rawajitu Utara).

Peresmian Perpustakaan Kecamatan Rawajitu utara akan diadakan pada Senin, 12 Februari 2020 di Kantor Kecamatan Rawajitu Utara. (TL/*) 

Post a Comment

0 Comments