Sosper Perlindungan Anak, Ririn Edukasi Masyarakat Pringsewu


Taktik Lampung, Pringsewu - Lewat kegiatan sosialisasi Perda (Sosper) tentang anak, Wakil Ketua II DPRD Lampung dari Fraksi Golkar, Ririn Kuswantari, mencoba mengedukasi masyarakat Pringsewu. Edukasi tersebut seperti pemahaman tentang peran dan tanggung jawab semua pihak terhadap para anak.

“Sosialisasi Perda Nomor 13 tahun 2017 tentang perlindungan anak, dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pemenuhan Hak-hak anak dan perlindungan terhadap anak,” ujar Ririn, Sabtu (22/02/2020).

Masih kata Ririn, saat ini fenomena kekerasan terhadap anak seperti kekerasan seksual, eksploitasi anak dan sejenisnya masih sering terjadi. Menurutnya, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk dapat menghindari anak terhadap kekerasan yang sering menimpa mereka.

“Tingkat angka kekerasan verbal, non verbal dan eksploitasi terhadap anak saat ini cukup tinggi. Untuk meminimalisir angka tersebut, peran dan serta masyarakat sangat dibutuhkan,” katanya.

Ririn juga mengajak, kepada semua pihak, khususnya para orangtua untuk bisa menjadikan semua anak sebagai anak kita sendiri, karena sesungguhnya setiap anak masih membutuhkan perhatian dan perlindungan dari orang yang lebih dewasa.

“Kita sepakat bahwa anak adalah generasi masa depan bangsa, berarti semua anak anak Indonesia adalah anak kita juga. Yang sudah sepatutnya kita jaga dan rawat,” ajak Ririn.

Sementara, Ketua Advokasi dan Reformasi LPA Lampung, Fitri Setiani, selaku narasumber mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu takut untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib, jika terjadi indikasi adanya pelanggaran terhadap Hak-hak anak.

“Niat baik kita untuk memberikan perlindungan terhadap anak tersebut harus dikuatkan. Jika kita melihat dan mengetahui adanya indikasi kekerasan terhadap anak, maka melaporkannya kepada pihak yang berwajib adalah pilihan yang tepat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut berlangsung di Balai Pekon Ambarawa Barat, Kecamatan Ambrawa, Kabupaten Pringsewu. Dalam kesempatan itu juga dihadiri oleh ratusan masyarakat sekitar, serta turut hadir juga para pamong setempat. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments