Rektor UGM Puji Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Lampung Craft


Taktik Lampung - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, memuji pengembangan ekonomi kreatif seperti yang dilakukan Lampung Craft 2020.

Pujian Rektor UGM Prof. Panut Mulyono disampaikan saat mengunjungi pameran kerajinan Lampung Craft 2020, di Graha Wangsa Bumi Waras Bandarlampung, Sabtu (14/3)2020).

Rektor UGM dalam sambutannya menyambut positif kegiatan Lampung Craft seperti yang dilaksanakan Dekranasda Lampung. Melalui kegiatan, kata Prof. Panut akan muncul beberapa produk kreatif masyarakat. Produk-produk kreatif masyarakat ini bila dikembangkan yang lebih luas, maka akan mendongkrak ekonomi masyarakat. Karena melalui produk kreatif masyarakat yang menarik, maka akan banyak turis domistik maupun mancanegara akan membeli.

Karena itu, Rektor UGM menyarankan agar kegiatan seperti ini digelar yang lebih besar lagi dengan melibatkan peserta dari luar daerah. Sehingga akan menambah gairah ekonomi masyarakat.

“Ayo dorong craft atau kerajinan karena kerajinan masyarakat ini akan menjadi tulang punggung ekonomi bangsa,” ujar Prof. Panut.

Rektor UGM dan rombongan juga menyempatkan menonton catwalk para model yang dibalut berbagai costum bercirikhas batik Lampung.

Terkait adanya peragaan busana, Prof. Panut menilai bahwa peragaan busana yang menampilkan busana muslimah, busana daerah dinilai sangat bagus. Karena tetap mempertahankan muatan lokal.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Lampung Hj. Riana Sari Arinal sangat senang dan bangga mendapat kunjungan Rektor UGM. Lampung Craft 2020 yang baru pertama digelar dalam memeriahkan HUT ke-56 Provinsi Lampung ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahun. Ke depan kegiatan ini akan dilaksanakan lebih besar lagi dengan mengundang kerajinan dari provinsi lain.

Untuk memotivasi para perancang model di Lampung istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini juga tampil dalam fashion show bersama para model. Penampilan Riana Sari dalam catwalk ini mendapat sambutan hangat penonton termasuk rombongan Rektor UGM.

Dalam kesempatan ini, dilakukan tukar cindera mata dari Rektor UGM kepada Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal. Juga sebaliknya, Riana Sari Arinal juga memberi cindera mata kepada Rektor UGM Prof. Panut Mulyono. Apalagi kata Riana Sari, dirinya juga merupakan bagian keluarga besar UGM, karena putranya Isfansya Mahani juga lulusan Prodi Tata Ruang dan Kota UGM.

Turut mendampingi Rektor UGM Prof. Panut ke Lampung Craft antara lain, Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia juga Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA. Para alumni UGM dan pejabat Pemprov antar lain, Inspektur Provinsi Lampung H. Adi Erlansyah, MM, Kepala Bappeda Ir. Fredy, MT, Kadiskes dr. Hj. Reihana, MKes, Kadis BMBK Ir. Mulyadi Irsan, MT, Kadis Koperasi Dr. Agus Nompitu dan pejabat lainnya.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments