Kirab Marching Band Berlangsung Meriah


Taktik Lampung — Meskipun dalam suasana mendung, Kirab Marching Band dalam rangka HUT RI Ke-77 yang diinisiasi oleh Pemprov Lampung dan  Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Lampung  disambut meriah oleh ribuan masyarakat Lampung disepanjang Jalan Dr. Susilo, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini, Jalan Letjend katamso, Jalan Raden Intan, Jalan Tulang bawang, hingga ke Lapangan Korem 043/Garuda Hitam.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Lampung, Riana Sari saat melepas Kirab menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yang telah mencapai usia 77 tahun.

“Selain itu acara ini juga menjadi sarana untuk memupuk rasa nasionalisme, cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air, serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kekompakan generasi muda kita,” ucap Gubernur saat melepas Kirab di depan Mahan Agung, Minggu (14/08/2022).

Peran kaum muda sangat dibutuhkan oleh Negeri ini, oleh karenanya menurut Gubernur, di masa puncak kejayaan kaum muda antara Tahun 2020-2030, dimana jumlah penduduk Usia Produktif mencapai dua kali lipat jumlah penduduk usia anak dan lanjut usia.

“Hal inilah yang mendorong kita supaya makin meningkatkan Kepeduliaan dan Kerelaan untuk  membina anak-anak muda agar mereka tetap sejalan dengan cita-cita para pendiri bangsa,” tegas Gubernur.

“Setelah 2 tahun masa pandemi Covid-19, Alhamdulillah masyarakat Lampung bisa kembali menyaksikan  atraksi  Marching Band,” ucapnya.

“Kali ini Kirab marching band akan melewati rute jalan-jalan protokol. diawali dari Mahan Agung, hingga finis di Lapangan Garuda Hitam Saburai, saya harap acara Kirab ini berjalan dengan tertib dan lancar dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan,” sambung Gubernur.

Gubernur juga mengatakan bahwa Kirab Marching Band hari ini semakin istimewa, karena  tanggal 14 Agustus memiliki makna khusus dan mendalam yang diperingati sebagai Hari Pramuka ke-61.

“Saya berharap Pramuka dapat selalu membangun citra positif gerakan pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital dan modern. Selain itu juga, Pramuka dapat menumbuhkan tunas-tunas muda sebagai penggerak kemajuan bangsa, khususnya di Provinsi Lampung,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Ketua PDBI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam laporannya mengatakan bahwa tema kirab kali ini adalah “Melalui Pawai Drum band – Marching Band Tahun 2022 Kita Bangkitkan Semangat Masyarakat  Untuk Menuju Lampung Berjaya”.

“Selain pelaksanaan HUT RI, Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun rasa cinta terhadap tanah air, khususnya Lampung tercinta, serta menumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme, selain itu juga diharapkan mampu menjaga kelestarian budaya dan persatuan dan kesatuan serta memotivasi semangat budaya dikalangan generasi penerus,” ucap Riana Sari Arinal.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments