Pemprov Lampung Mengikuti Webinar "Partisipasi Ormas Kepemudaan Dalam Meningkatkan Patisipasi Politik Untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024"


 

Taktik Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Intizam, mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, dengan Tema "Partisipasi Ormas Kepemudaan Dalam Meningkatkan Patisipasi Politik Untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024", secara virtual di Ruang Command Center Lt II Diskominfotik Provinsi Lampung, Rabu (31/05/2023). 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong peran Ormas Kepemudaan untuk berperan aktif dalam pendidikan politik dan kesadaran politik sebagai kontrol sosial, penyeimbang, dan penenang antar kelompok guna mendukung suksesnya Pemilu Tahun 2024. 

kegiatan webinar dibuka secara resmi oleh Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar, melalui aplikasi Zoom. Dalam arahannya Bahtiar menerangkan Ditjen Politik dan PUM saat ini sedang melakukan sosialisasi terkait Pemilu Tahun 2024 sebagai bentuk nyata pelaksanaan UU Pemilu. 

"Beberapa waktu terakhir ini kita lebih banyak mengangkat tema-tema berkaitan dengan Ke-pemiluan, sebagai upaya nyata dari pelakasanaan UU Pemilu, bahwa Pemerintah termasuk Kemendagri dan Pemerintah Daerah memiliki kewajiban memberikan dukungan sukses penyelenggaraan pemilu Tahun 2024" ucapnya. 

Bahtiar juga menilai Direktorat Ormas memiliki fungsi dan tugas bersinergi serta melayani organisasi kemasyarakatan sebagai salah satu kompenen utama dalam pilar demokrasi Indonesia, selain Partai Politik dan Pers. 

"Jadi Organisasi Kemasyarakatan itu diatur oleh UU No. 17 Tahun 2013 bahwa syarat sebuah demokrasi yang sehat itu, hidup dan berkembangnya Organisasi Kemasyarakatan dengan berbagai bentuknya, baik berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum" ujarnya. 

Webinar yang dipandu oleh Aprilia Putri Megatari dihadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya Komisioner KPU RI, Mochammad Afifuddin, Lolly Suhenty, Anggota Bawaslu Bendum GP Ansor, Addin Jauharuddin, Koordinator Komite Pemilu Indonesia, Jeirry Sumampow, Ketua Umum DPP GMKI, Jefri Gultom, Ketua Presidium PP KMHDI, I Putu Yoga Saputra. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments