Gubernur Lampung Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan


Taktik Lampung - Universitas Lampung ( Unila ) untuk pertama kalinya menyumbangkan seorang Doktor Honoris Causa (HC) kepada Negara Republik Indonesia. Gelar Doktor HC yang diberikan Unila kepada Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, dalam Sidang Promosi Doktor Honoris Causa, di Gedung Serbaguna Unila, Kamis, 26 Oktober 2023.

Arinal Djunaidi dianugerahi gelar Doktor HC Bidang Ilmu Ekonomi oleh Unila sebagai pengakuan atas kontribusinya yang biasanya luar biasa dalam pembangunan Lampung melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Pemberian gelar kehormatan ini didasari Peraturan Menristek Dikti Nomor 6 Tahun 2015 tentang Statuta Unila dan Tata Cara Pemberian Dr. (HC) yang diatur dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 65 Tahun 2016 tentang Gelar Doktor Kehormatan.

Sidang Promosi diawali dengan pembukaan oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng. Selanjutnya, Arinal Djunaidi atau promovendus menyampaikan presentasi karya ilmiah berjudul “Program Kartu Petani Berjaya dalam Membangun Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian di Provinsi Lampung” di hadapan Komisi Penguji.

Usai presentasi, acara dilanjutkan dengan sidang dan ujian promosi yang dihadiri Komisi Promosi Doktor Unila yang terdiri dari Rektor, para promotor internal dan eksternal, Dekan FEB Unila, promotor dan ko-promotor utama.

Setelah sesi ujian promosi berakhir, pengumuman promosi Doktor HC disampaikan langsung Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani, di hadapan Komisi Promosi Doktor Unila dan tamu undangan yang turut hadir.

Rektor Lusmeilia Afriani mengungkapkan, setelah Komisi Promosi Dr. HC menilai karya ilmiah, mendengarkan presentasi dan jawaban klarifikasi oleh Saudara Arinal Junaidi, dengan judul ‘Program Kartu Petani Berjaya dalam Membangun Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian di Provinsi Lampung’, maka dengan ini Komisi Promosi Doktor Universitas Lampung menyatakan layak dan lulus kepada Saudara Arinal Djunaidi untuk menyandang Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi.

Ini merupakan momen bersejarah bagi Unila untuk pertama kalinya dianugerahi gelar Doktor HC kepada Arinal Djunaidi dari Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

(HC) Arinal Djunaidi mengungkapkan rasa terima kasih dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pemikiran, pendampingan, dan dukungan. Gelar ini merupakan bukti kolaborasi yang perlu diteruskan di masa depan.

Dia juga menekankan, Unila sebagai institusi pendidikan tinggi tempatnya belajar sejak kuliah hingga sarjana, layak mendapatkan penghargaan yang tinggi dari pemerintah maupun masyarakat. Dalam pernyataannya, dia mengungkapkan anugerah gelar ini adalah momen yang tak terlupakan dalam hidupnya.

Arinal Djunaidi juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga, para promotor, ko-promotor, dan pengajar yang telah membimbing serta mendukung Program Kartu Petani Berjaya, serta seluruh mitra kerja di Pemerintah Provinsi Lampung dan kabupaten/kota.

“Semua ini adalah hasil kerja keras bersama dan penghargaan ini bukan hanya milik saya pribadi, melainkan milik semua yang ikut serta dalam perjalanan perekonomian sektor pertanian di Provinsi Lampung. Ini bukan akhir namun awal dari babak baru dalam hidup saya. Saya berjanji untuk terus memberikan kontribusi positif, berbagi pengetahuan dan pengalaman, untuk memajukan daerah Lampung, khususnya Indonesia, pada masa yang akan datang,” katanya.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments