2017 Lampung Mandiri Swasembada Pangan

Kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas, Foto.Ist

Taktik Lampung - Provinsi Lampung terus bergerak menuju kemandirian. Salah satu upaya menuju kemandirian adalah swasembada pangan. Selain juga dibantu dengan proyek infrastruktur Pemerintah Pusat yang ditarget selesai pada Desember 2016 atau akhir 2017 mendorong pencapaian itu. Termasuk program pengadaan pembangkit energi baru terbarukan dari panas bumi hingga tenaga uap.

Pada Desember 2016, produksi beras di Lampung menempati posisi kedua setelah Jawa Tengah. Namun, produksi justru melebihi target hingga 137 ribu ton dan tetap masih memasok kebutuhan beras sejumlah provinsi, yakni Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.

Selain beras, Lampung juga menjadi daerah sentra produksi daging sapi. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Dessy Desmaniar Romas mengatakan program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) untuk meningkatkan populasi sapi.

Pada 2016, Bank Indonesia mencatat bahwa kinerja ekonomi Lampung baik juga menjadi modal kemandirian Lampung. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan mengatakan penilaian itu tercermin dari beberapa indikator, seperti pertumbuhan ekonomi, konsumsi rumah tangga, dan investasi.(*)

Post a Comment

0 Comments