Pembangunan OAIL Dimulai Secara Bertahap mulai Tahun Ini

Sekdaprov Lampung Sutono Memberikan Sambutan dalam pemutaran perdana film " Iqro-Petualang Meraih Bintang" di Cinema XXI Mall Boemi Kedaton, Jumat (27/1). Foto.Ist

Taktik Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) bersama Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membangun Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman tahun ini.

“Pembangunan OAIL akan dimulai tahun ini secara bertahap, dan diharapkan pada 2018 sudah mulai dioperasikan,” tegas Sekprov Sutono pada pemutaran perdana film “IQRO-Petualangan Meraih Bintang” di Theater 1, Cinema XXI Mal Boemi Kedaton, Jumat, (27/1).

Menurut Rektor Itera Ofyar Z Tamin, kekuatan OAIL terbentuk dari proses pengamatan saat Gerhana Matahari Total, antusias masyarakat Lampung sangat tinggi. 

“Seluruh masyarakat Sumatra, terutama baik dari kalangan pelajar SD, SMP ataupun SMA memiliki minat yang sangat tinggi pada dunia Astronomi dan dengan dukungan dari ITB,” ujarnya.

Untuk melengkapi peralatan, seperti teropong bintang, tim pembangunan OAIL mengharapkan donasi dari berbagai pihak agar kawasan observatorium yang lengkap dan canggih bisa segera terwujud di Lampung.

“Seperti teropong kan harganya beragam. Mulai dari Rp2 juta sampai miliaran. Nah, kami sangat berharap ada donatur yang bisa membantu kami melengkapi peralatan di OAIL,” imbuh Ofyar.

Sementara Profesor ITB Mujiraharto mengatakan, pembangunan observatorium langit untuk Indonesia butuh lebih banyak lagi, karena dua pertiga langit menghadap ke Indonesia. 

“Untuk itu pembangunan OAIL ini bukan hanya bermanfaat untuk Lampung, tetapi juga untuk Sumatra, Indonesia bahkan dunia,” jelasnya.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments