Pemprov Siapkan Lahan 20 Hektare Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura)

Sekdaprov Lampung Sutono (Kanan) dan Rektor Itera Ofyar Z Tamin (Kiri) usai pemutaran perdana film " Iqro-petualangan meraih bintang di Theater I Cinema XXI Mall Boemi Kedaton, Foto.ist

Taktik Lampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyiapkan 20 hektare (ha) kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman untuk pembangunan Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL). 

Hal ini disampaikan Sekprov Sutono pada pemutaran perdana film “Iqro – Petualangan Meraih Bintang” di Theater 1, Cinema XXI Mal Boemi Kedaton, Jumat, (27/1)

Menurut Sutono, OAIL akan menjadi pusat pengamatan bintang dan benda-benda antariksa kedua di Indonesia, setelah Boscha. 

“Sudah saatnya ada observatorium baru di Indonesia. Kita patut berbangga karena Lampung menjadi lokasi pembangunannya. Selain bermanfaat bagi dunia pendidikan dan penelitian, juga pengetahuan astronomi bagi masyarakat,” kata dia.

Pembangunan OAIL dipastikan turut mendongkrak perekonomian Lampung dan masyarakat sekitar. Pasalnya, akan ada banyak kunjungan wisatawan baik lokal, nasional, maupun Internasional ke OAIL sebagai salah satu objek wisata edukasi.

“Dengan banyaknya kunjungan wisata, masyarakat akan mengambil peran menyediakan cendera mata, oleh-oleh, maupun tempat makan dan tempat beristirahat yang pada akhinya mendongkrak tingkat ekonomi maereka,” ungkap mantan Kadis Kehutanan Lampung ini.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments