TPS Tapal Batas Tunggu Pleno KPU

Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih, Foto.Ist

Taktik Lampung - Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga dusun tapal batas, Minakjebi, Kualamesuji, dan Telukdalam kabupaten Tulangbawang masih menunggu kepastian. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung baru akan membahas lokasi TPS tiga dusun tersebut pada pleno 5 Januari mendatang.

“KPU akan pleno 5 Januari. Kita akan membahas soal TPS. Jika dalam pembahasan itu ada data yang kurang lengkap, kita akan turun ke Tulang Bawang,” ujar Komisioner KPU Provinsi Lampung, Handi Mulyaningsih saat dihubungi, Senin (02/01).

Kendati demikian, akademisi Unila itu memastikan, pihaknya akan mengakomodir pemilik hak suara yang berada di wilayah tersebut.

“Pasti nanti akan ada solusi yang tepat dan yang tertib hukum. Memudahkan masyarakat menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Handi juga menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan supervisi ke tiga dusun tersebut. Diceritakannya, pihaknnya telah melakukan kunjungan ke tiga dusun tersebut, bertemu dengan masyarakat pemilik hak suara, Dalam supervisi tersebut, sambung Handi, pihaknya didampingi oleh Asisten I Kabupaten Mesuji, Camat dan Kapolsek setempat.

“Jadi pada saat kita menghadiri debat kandidat di Kabupaten Mesuji, kita juga lakukan supervisi ke tiga dusun tersebut, Minakjebi, Kualamesuji, dan Telukdalam. Kita bertemu masyarakat pemilik hak suara disana dan ketua-ketua RT,” jelasnya.

Untuk diketahui tiga dusun tersebut masih belum clear terkait soal perbatasan yang sehingga menjadi persoalan KPU dalam menentukan lokasi TPS guna mengakomodir pemilik hak suara untuk menggunakan hak suaranya. Terdapat 705 warga yang tinggal di tiga dusun perbatasan tersebut, dengan data ada 504 mata pilih yang ber e-KTP Mesuji dan 76 mata pilih yang ber e-KTP Tulang Bawang. (TL)

Post a Comment

0 Comments