Budi : Ronda Ciri Khas Masyarakat Indonesia

Anggota DPRD Provinsi Lampung, Budi Yuhanda.

Taktik Lampung - Anggota DPRD Provinsi Lampung Budi Yuhanda mengapresiasi penyelengaraan ronda yang digalakan Bupati Lampung Tengah Mustafa, Menurutnya ronda menjadi hal yang baik jika dikerjakan dengan ikhlas.

" Ronda sebagai ciri khas masyarakat indonesia, sangat baik dilaksanakan guna menjaga keamanan lingkungan, selain itu Ronda menjadi tempat berdiskusi dan menjalin tali silaturahmi" ujarnya saat diwawancarai dikantor DPRD Provinsi Lampung, Rabu (3/5)

Pembuat Buku Berjudul "Menjemput Hidayah' ini menjelaaskan, sistem keamanan dan program seperti Ronda ini memang sudah ada sejak dulu.

" Pada zaman Nabi Muhammad perbuatan berjaga jaga dijalan Allah termasuk juga sebagai kategori Ribath, yang dimaksud ribath adalah menyiapkan diri terikat dalam pembelaan Islam" tuturnya.

Para Ulama ahli hadist sepakat mengatakan bahwa berjaga-jaga atau yang kita kenal dengan istilah ronda yang diniatkan iklas karena Allah juga termasuk dalam hal menjaga kaum muslimin dari rasa aman dan juga dalam beribadah.

Pahala ribath sangat besar bahkan termasuk dalam kategori jihat dijalan Allah.

" Barang siapa yang melakukan ribath berjaga di perbatasan musuh di jalan Allah satu malam lebih baik maka ia seperti mengerjakan puasa  shalat seribu malam" imbuhnya.

karenanya Pemerintah yang menggiatkan program ronda, maka dia sedang menegakkan salah satu anjuran rosulullah, dan itu sesuatu yang baik untuk dicontoh, diikuti dan sangat baik untuk dilestarikan.

" Mustafa yang sudah berani menjadikan ronda sebagai icon kabupaten Lampung Tengah." Pungkasnya. (TL)

Post a Comment

0 Comments