Bupati Mustafa Anggarkan 2M Lebih, Bantuan Jamaah Haji Asal Lamteng

Foto. Ist

Taktik Lampung - Mustafa memberikan bantuan kepada jamaah calon haji asal Lamteng sebesar Rp2,6 juta per orang. Total dana yang dianggarkan untuk bantuan jamaah haji tahun ini sebesar Rp 2 miliar lebih.

Hal itu terungkap saat pelepasan keberangkatan 393 jamaah calon haji asal Lamteng kelompok terbang (kloter) 6, di Rumah Dinas Wakil Bupati. Minggu  (30/7).

Rombongan kloter 6 merupakan kelompok pertama untuk Kabupaten Lamteng dan juga Provinsi Lampung.

Pada saat menyampaikan sambutan, Bupati Mustafa mengatakan pihaknya memberikan bantuan kepada calon haju masing-masing sebesar Rp 2,6 juta/orang.

Besaran Rp 2,6 juta/orang adalah jumlah terbesar dibanding jumlah yang pernah diberikan oleh Pemprov Lampung dan Pemkab/Pemkot di Provinsi Lampung.

Selama ini bantuan Pemkot Bandarlampung untuk calon haji, misalnya, kurang dari Rp1 juta. Pemkot/Pemkab lain di Lampung kemungkinan nilainya lebih kecil lagi.

Bagi jamaah yang uangnya “ngepas” bantuan itu sangat bermanfaat mengingat jatah makan dari panitia haji Kemenag di Arab Saudi tidak penuh. Semenrara biaya hidup di Arab Saudi sangat tinggi.

Menurut Mustafa bantuan itu merupakan bentuk perhatian Pemkab Lampung Tengah kepada calon haji.

“Kami bantu seluruh jamaah haji masing-masing mendapat Rp2,6 juta/jamaah. Mudah-mudahan mereka bisa kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurroh,” ujar Mustafa.


Ia berpesan agar para jamaah bisa menjaga kesehatannya saat di tanah suci dan selalu mematuhi arahan dari para petugas. Mereka juga diminta agar senantiasa membawa kartu identitas agar lebih mudah dikenali dan saling menjaga satu sama lainnya.

Bupati ronda ini juga menghimbau agar para jamaah jangan terlena dengan kesenangan berbelanja atau hal-hal lainnya saat di tanah suci. Tapi lebih mengutamakan untuk beribadah. Sehingga rukun sunah maupun wajib ibadah haji bisa terlaksana dengan baik dan mereka kembali ke Indonesia dengan menyandang haji yang mabrur dan mabrurroh.

Mustafa yang saat itu didampingi Wabup Loekman Djojosoemarto dan Ketua PKK Lamteng Nessy Kalvia ini meminta agar para jamaah juga mendoakan warga Negara Palestina yang saat ini tengah terjadi konflik dengan Israel.

“Doakan juga untuk seluruh warga Palestina yang saat ini sedang dilanda konflik dengan Negara Israel. Semoga mereka segera bisa terbebas dari konflik, dan bisa melaksanakan aktifitas seperti biasanya, bisa melakukan ibadah di Masjid Al-Aqsa dan bisa ikut melaksanakan ibadah haji bersama-sama,” Pintanya.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments