Pemkab Lamteng, Kirim Mahasiswa berprestasi Studi Ke China

Bupati Lampung Tengah Mustafa memberikan apresiasi kepada lima mahasiswa berprestasi yang mendapatkan beasiswa studi ke negara China.

Taktik Lampung - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah membuka peluang 100 beasiswa kepada siswa Lampung Tengah yang ingin melanjutkan studi di China. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah setempat meningkatkan kualitas SDM. 

Tahap pertama, Pemkab Lampung Tengah bakal mengirimkan 5 orang yang akan studi ke China pada september mendatang. Kelima mahasiswa ini dilepas langsung oleh Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa di rumah dinas Nuwo Balak, Senin (3/7) 

Mereka yakni Rizqi Abdul Aziz dari SMAN 1 Kalirejo, Agung Trilaksono dari Seputih Surabaya, Ni Ayu Galuh Anjasmara dari SMAN 1 Seputih Surabaya, Lidya Yuliarta Sinaga dari SMA Lentera Harapan Way Pengubuan dan Nuri Fitria Dewi Seputih Surabaya. 

Bupati Mustafa mengatakan upaya pemberdayaan SDM terus dilakukan dalam rangka melahirkan generasi-generasi berkualitas yang mampu membangun daerah. Ini bukan kali pertama, pihaknya mengirimkan pelajar keluar negeri. 

"Sejumlah beasiswa keluar negeri telah kami berikan. Ada yang ke China, Korea, Malaysia dan Spanyol. Kami memberi kesempatan kepada putra putri kami untuk menimba ilmu seluas-luasnya. Harapannya ketika kembali kesini, mereka bisa membangun daerahnya, bangun tanah kelahirannya," ucap bupati.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Tengah A. Helmi menerangkan kelima siswa tersebut adalah hasil dari seleksi yang dilakukan dinas pendidikan untuk kemudian menempuh kuliah di China selama 5-6 tahun. Pilihan jurusan yang tersedia yakni kedokteran dan Ilmu Komunikasi. 

"Kami telah kerjasama dengan dua perguruan tinggi di China yakni Hubei Science and Technology Unversity dan Guilin University. Kami membuka 100 quota sampai September mendatang. Tahap awal yang lolos seleksi hanya 5 orang, masih ada quota 95 orang," jelasnya. 

Untuk bisa mengikuti program ini, para peserta harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan yakni warga Lampung Tengah, lulus SMA, Ijasah ditransfer ke Bahasa Inggris, nilai rata-rata Bahasa Inggris 8 dan lolos toefl. 

"Mereka yang lolos akan kami kirim ke China. Biaya kuliah dan uang saku ditanggung Pemkab Lampung Tengah. Asrama juga telah disediakan dari pihak perguruan tinggi. Siswa hanya perlu mengeluarkan biaya keberangkatan dan kursus mandarin selama 5 bulan di Surabaya," beber Helmi. 

Bagi pelajar yang tertarik untuk mengikuti program ini bisa melakukan pendaftaran melalui sekolah masing-masing untuk kemudian mengikuti seleksi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan. "Masih ada siswa 95 quota lagi. Siswa yang berminat bisa segera mendaftar," pungkasnya.

Berkesempatan menempuh pendidikan di negeri Tirai Bambu, Rizki salah satu siswa mengaku sangat bersyukur dan berharap kepergiannya ke China bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pengetahuan dan masa depannya. 

"Yang pasti bangga sekali bisa mengikuti program ini. Saya juga berterima kasih kepada Pak Bupati yang telah mencanangkan program beasiswa untuk pelajar Lampung Tengah. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk kami, khususnya masa depan kami," ujar dia.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments