Ketua Dewan Koprasi Indonesia Apresiasi Kinerja Pemprov Lampung

Foto.Humas Pemprov

Taktik Lampung - Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Drs. Agung Sujatmiko, mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Lampung  yang telah memajukan dan membangun Koperasi. Hal ini disampaikan oleh Agung saat Peringatan hari Koperasi ke-70 dan Peresmian Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) yang berada di lingkungan Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Wayhalim Bandarlampung, Rabu, 9 Agustus 2017.

Sebagai  hibah dari Kementerian Koperasi Gedung PLUT KUMKM akan  memberikan layanan jasa non finansial, sebagai solusi atas permasalahan KUMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas kerja dan daya saing KUMKM, melalui pendampingan bidang kelembagaan, SDM, Produksi, Pembiayaan dan Pemasaran di wilayah Provinsi Lampung. Disamping itu Fungsi Gedung PLUT-KUMKM dan program Kampung UKM Digital juga akan dipergunakan untuk memfasilitasi pemasaran produk-produk UMKM di Provinsi Lampung melalui website atau online yang merupakan saranan layanan komprehensif  bagi pengembang usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Penyerahan gedung PLUT ini diharapkan  nantinya bisa menjadi icon baru bagi daerah untuk mengembangkan kapasitas dan bisnis pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah kedepannya.  Layanan yang diberikan PLUT antara lain konsultasi bisnis, pendampingan/ monitoting bisnis, fasilitasi akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis, Networking dan pustaka entrepreneurship.

Peresmian PLUT - KUMKM dihadiri oleh Wakil Gubernur Bachtiar Basri dan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM, Yuana Setyowati.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi  dan UKM, Yuana Setyowati dalam sambutannya menyampaikan komitmen pemerintah untuk melaksanakan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

"Koperasi Indonesia saat ini tetap konsisten dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kita akan terus mendukung program koperasi dan UMKM.  Kami juga sudah melakukan pelatihan sebanyak 70 orang," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Bachtiar Basri mengharapkan pengelola koperasi dapat memiliki sertifikasi standar agar koperasi dapat berkembang, menjadikan koperasi yang profesional . Sinergisitas dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota, diharapkan dapat  mewujudkan kesejahteraan masyarakat Lampung.

"Untuk membangun koperasi diperlukan kebersamaan. Tanpa kebersamaan tidak mungkin kita mencapai tujuan keberhasilan. Dibutuhkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan agar koperasi tumbuh kuat," jelas Wagub.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan Penyerahan penghargaan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung kepada 10 (sepuluh) Koperasi Berprestasi Provinsi Lampung,  2 (dua) Perkuatan Permodalan KUMKM, 4(empat) gerobak sayur pesan kirim dan 2(dua) sertifikat uji kompetensi Manager. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments