Penunjukan Sudin, PDIP Lampung Jadi Sorotan

Sejumlah Kader PDIP Lampung mendatangi Kantor DPD PDIP Lampung, Jumat (25/8)

Taktik Lampung - Kabar ditunjuknya Anggota DPR RI Dapil Lampung Sudin menahkodai Partai Besutan Megawati Soekarno Putri membuat situasi politik dilampung semakin menghangat.

Sebelumnya, santer kabar Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPD PDIP Lampung Mukhlis Basri dan Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Bambang Suryadi menjadi kandidat kuat yang akan menjadi ketua DPD PDIP Lampung menggantikan Sjachroedin.ZP yang kini dipercaya Presiden Jokowi menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Kroasia, Tapi ternyata DPP memiliki pertimbangan lain, dan lebih memilih Sudin yang menjadi Ketua DPD PDIP Lampung.

Pasca Ditunjuknya Sudin Sebagai Ketua DPD PDIP Lampung, Sontak menjadi sorotan kader PDIP, Benar saja, tidak lama kabar Sudin ditunjuk sebagai Ketua DPD PDIP Lampung oleh DPP, Puluhan Kader PDIP Lampung ngelurug kekantor PDIP Lampung menolak keputusan DPP tersebut.

Puluhan Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP se Lampung secara tegas menyatakan sikap menolak Sudin sebagai Ketua DPD PDIP Lampung.

Kordinator Arus Bawah Kader PDIP Lampung Yohannes Joko Purwanto mengatakan kehadiran pihaknya ke DPD untuk menolak Sudin menjadi Ketua DPD Lampung. Sebab menurutnya, meski belum melihat SKnya langsung, ditunjuknya Sudin sebagai ketua DPD tak sesuai SK 027 tentang persyaratan Ketua DPD.

"Kami akan kembalikan KTA. Sebab kami menilai Partai tidak demokratis lagi. Aturan partai harus ditegakkan karena ini tidak sesuai dengan SK 027 bahwa salah satunya yakni Ketua DPD harus berdomisili di tempat yang ia pimpin, Kita ingin menyelamatkan PDIP Lampung, Untuk langkah selanjutnya, kami (PAC) se Lampung akan hadir kembali ke sini dengan masa yang lebih banyak lagi," ucapnya, Jumat (25/8).

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Lampung Suhardi Buyung mengatakan dalam waktu dekat DPD akan menggelar rapat terlebih dahulu guna membahas hal ini.

"Memang benar SK penunjukan belum kita lihat. Namun, riak-riak kader di bawah sudah menggambarkan bagaimana penolakan terhadap Sudin. Mereka mempersoalkan domisili Sudin yang tidak berKTP Lampung. Dia jarang ikut rapat di DPD dan tentunya belum dikenal PAC, Saya juga menduga adanya kepentingan pribadi atau kelompok di balik penunjukan (Sudin) tersebut," Kata Buyung.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Hukum dan Ham DPD PDIP Lampung Watoni Nurdin mengatakan pihaknya belum melihat secara jelas SK Penunjukan Sudin sebagai Ketua DPD PDIP Lampung, Namun ia meyakini apapun keputusan DPP tentunya memiliki alasan dan Pertimbangan yang matang.

" Kita belum lihat SK-nya, kalaupun memang betul kabar tersebut, tentu DPP memiliki alasan dan pertimbangan yang matang, jadi kita sebagai kader di daerah harus menghormati keputusan tersebut, dan tidak ada yang perlu diributkan" tegasnya.(TL)

Post a Comment

0 Comments