Pemprov Lampung Buka Portal Layanan Pembentukan Produk Hukum

Foto.Ist
 
Taktik Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menyediakan portal layanan konsultasi online pembentukan produk hukum daerah . Sesuai Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, Nomor  188/568/02/2017 tanggal 27 Oktober 2017, disampaikan bahwa alamat portal yakni http://phd.lampungprov.go.id.

"Portal ini dapat diakses  seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Kemudian, dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mempercepat proses penyusunan perda dan peraturan gubernur," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung Bayana, di Bandar Lampung, Senin (6/11/2017).  

Portal ini berisi proses penyusunan peraturan mulai dari proses pembentukan perda dan peraturan gubernur. Proses tersebut melalui tahapan perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan, dan pengundangan.
Menurut Bayana pemerintah daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan, memiliki wewenang untuk membuat perda dan peraturan kepala daerah (perkada) berupa peraturan gubernur.

Hal ini sesuai  Undang–Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang–undangan, UU  Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 Produk Hukum Daerah.

"Website ini dikelola  Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Lampung sebagai koordinator pembentukan produk hukum daerah," ungkap Bayana. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments