FKPPI dan PWI Lampung Gelar Diskusi

Foto.Ist

Taktik Lampung - Forum Komunikasi  Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI Polri (FKPPI) dan PWI Lampung menggelar dialog publik Pencegahan Penyalahgunaan Senjata Api Ilegal dengan tema Mari Dukung Pembangunan Wilayah Mesuji yang Aman dan Kondusif Tanpa Senjata Api Ilegal di Mesuji, Kamis (29/3).

Asisten Bidang Pemerintahan Pemda Mesuji Indra Kusuma mengatakan, pihaknya mengapresiasi pada masyarakat Mesuji khuausnya yang menyerahkan senjata api secara sukarela pada penegak hukum.
"Kami mendukung pemberantasan senjata api di Mesuji," ucapnya.

Menurutnya, peran keluarga, tokoh masyarakat dan tokoh agama berperan penting untuk mencegah peredaran senjata api.

 "Karena jika aktif dilakukan pembinaan keagamaan akan mencegah peredaran senjata api," ucapnya.

Dandim Tulangbawang didampingi Pasiintel Capt. Sutio menghimbau pada masyarakat untuk tidak menggunakan senjata api. 

"Sebetulnya di Mesuji itu tidak ada senjata api namun karena letak Mesuji yang bersebelahan dengan daerah lain," kata dia.

Kapolres Mesuji didampingi Kapolsek Tanjung Raya Basri Wasid mengatakan, permasalahan senjata api di Mesuji jika saling memojokan tidak bisa memecahkan permasalah. Kepolisian kata dia, soal senjata api diatur di Undang-undang dengan ancaman hukuman tinggi mencapai 20 tahun. Namun tingginya ancaman hukuman tidak membuat jera dimungkinkan karena vonis dari pengadilan yang tergolong ringan.

"Mari semua kalangan berperan untuk mencegah peredaran senjata api. Dengan memfungsikan diri kita. Kita hilangkan peredaran senpi," ujarnya..

Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Lampung, Juniardi yang juga pembicara di diskusi tersebut mengatakan, orang mempunyai senjata api bukan hanya untuk kejahatan, namun yang pertama adalah untuk menjaga keamanan.

"Kalo masyarakat menyerahkan senjata api apakah pemerintah bisa menjaga keamanan. Maka kita harus membuka kesadaran untuk saling menjaga keamanan dan membuat image Mesuji daerah yang aman dan ramah," ujar pemilik media online Sinarlampung.com ini. (TL/*)

Post a Comment

0 Comments