Rakyat Lampung Harap Arinal Nunik Wujudkan Kecepatan Layanan Kesehatan


Taktik Lampung - Masalah kecepatan pelayanan kesehatan bagi lansia di daerah perlu mendapatkan perhatian pemimpin Lampung di masa mendatang. 

Ali Mustofa, tokoh masyarakat di Semaka, Tanggamus menyampaikan harapan kepada pasangan nomor urut tiga, Arinal Djunaidi – Chusnunia yang maju di Pilgub Lampung 2018. Warga di sekitar kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan berharap penanganan kesehatan bagi lansia bisa menjadi prioritas. 

“Banyak warga yang hidupnya di pelosok, jauh dari pelayanan kesehatan. Harapan kita, pemerintah Lampung ke depan berikan perhatian soal pelayanan kesehatan ini. Khususnya bagi para lansia, agar tetap bisa sehat,” kata Ali Mustofa. 

Menanggapi hal ini, Chusnunia, Bupati Lampung Timur yang kini sedang cuti untuk maju menjadi calon wakil gubernur Lampung menyatakan urusan kesehatan, akses pelayanan kesehatan jadi satu program kerja pasangan nomor urut tiga.

Selama ini, di Lampung Timur sudah berjalan model pelayanan kesehatan untuk semua kelompok dalam program Gerakan Jumat sehat yang dilayani oleh setiap Puskesmas di seluruh kecamatan.

“Gerakan Jumat Sehat ini sudah berjalan di 24 kecamatan dan 34 Puskesmas di Lampung Timur. Kita bisa terapkan juga di seluruh kabupaten/kotamadya di provinsi Lampung,” kata Chusnunia.

Cek kesehatan dan layanan gratis untuk pengukuran tekanan darah, berat badan, kadar gula, asam urat, kolesterol atau penyakit tidak menular yang lain. Tujuan dari Jumat Sehat adalah langkah konkret untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan deteksi dini terhadap resiko penyakit tidak menular. 

Chusnunia menjelaskan urusan peningkatan derajat kesehatan, termasuk untuk lansia memang jadi prioritas. Pelayanan kesehatan bisa juga dijalankan dengan cara mendatangi pasien jika dibutuhkan.

“Urusan peningkatan kesehatan bagi lansia, termasuk juga program pencegahan jadi satu program kerja kita nanti, agar tidak terjadi penyebaran penyakiit.  Rakyat sehat semuanya,” kata Chusnunia.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments