Dikampung Halaman, Arinal Djunaidi Paparkan Program

Arinal Djunaidi Mulang Tiyuh di Kabupateng Way Kanan

Taktik Lampung - Calon Gubernur (Cagub) Lampung Arinal Djunaidi mulang tiyuh (pulang kampung) untuk berkampanye di Negara Batin, Waykanan.

Dalam orasinya, Cagub nomor tiga ini mengatakan bahwa dirinya dibesarkan di Negara Batin. “Saya dibesarkan di Negara Batin. Yang pasti insyaallah kalau sama saya jalannya bagus. Insyaallah kita perbaiki Simpang Randu sampai Negara Batin, Lampung Utara sampai Simpang Pematang,” ungkap dia Selasa, 3 April 2018.

Arinal biasa dia disapa menerangkan tanggal 16 Maret 2018 lalu melaunching Kartu Petani Berjaya. “Yang nantinya akan menyediakan bibit dan benih yang berkualitas. Jangan sampai bibitnya ada, kemudian ditanam tumbuh tapi hasilnya kurang baik. Yang kedua ada program menyediakan pupuk, sehingga petani tidak sulit lagi mencari pupuk. Yang ketiga memberikan jaminan pasar yang menguntungkan petani,” kata dia. 

Keempat, lanjut Arinal, sesudah dapat benih, tanam, pupuk, tanamannya bagus, hasilnya meningkat dan menguntungkan petani. “Selanjutnya akan ada pinjaman kredit petani sebesar Rp20 juta tapi tidak sembarangan orang. Yang bisa menjadi penggerak, itu yang akan lebih didahulukan. Rp20 juta itu dengan harapan dapat digunakan untuk menambah modal usaha pertanian masyarakat, seperti membeli bibit untuk ternak, misalnya:  kambing,  sapi,  bebek,  dan bibit ikan,” paparnya.

Arinal yang berpasangan dengan Chusnunia ini menjelaskan bahwa Provinsi Lampung merupakan penghasil jagung nomor tiga di Indonesia. “Lampung juga penghasil padi nomor tujuh di Indonesia. Tapi bapak-ibu masih begini-begini saja. Berarti ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki,” imbuhnya.
Dan untuk petani karet, kata Arinal, jangan khawatir. “Karet bisa untuk membangun jalan yang rusak. Insyaallah kita buat industri pengolah getah karet. Terakhir insyaallah akan ada beasiswa untuk anak petani yang melanjutkan perguruan tinggi ke jurusan pertanian,” tuturnya.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini juga akan meningkatkan kualitas guru dan sekolah. “Kita bantu laboratoriumnya, kita bantu perpustakaannya, perlengkapan IT nya. Mari kedepannya bersama-sama kita bangun Provinsi Lampung. Dan selama ini masyarakat tidak tahu apa saja yang dilakukan pemerintah. Maka dari itu jika saya terpilih, pemerintah akan terbuka. Kalau rakyat memilih saya dan saya menang. Insyaallah Waykanan lebih baik,” terangnya.

Arinal juga membeberkan alasannya memilih Nunik sebagai wakil. “Nantinya Ibu Nunik akan melaksanakan program pemberdayaan perempuan. Kreatifnya ditumbuhkan, sehingga bisa membantu suaminya,” ucapnya. 
Mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung ini juga meminta kepada orang tua untuk menjaga anak-anaknya dari pergaulan bebas. “Anaknya tolong dibina dan diawasi ibu-bapak, terutama 0-8 tahun.  Agar anak nantinya jadi orang yang baik, pintar, dan sehat,” pesannya.

Ustadz Soleh Mahmoed atau yang akrab disapa Solmed meminta kepada Arinal Djunaidi untuk mengaspal jalan bila menjadi gubernur. “Kalau ingin Pak Arinal menjadi gubernur jangan lupa coblos nomor tiga,” ajaknya.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments