Nunik : Pelayanan Kesahatan Harus Sampai Pedesaan, Jangan Lagi Ada kematian


Taktik Lampung - Calon Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim menyampaikan pelayanan kesehatan harus menyentuh pedesaan, melalui puskesmas masuk desa dan mengaktifkan kembali posyandu di desa-desa.

“Mendapatkan pelayanan kesehatan adalah hak setiap warga negara dan setiap warga negara pun wajib membantu siapa saja yang membutuhkan layanan tersebut. Untuk itu pemerintah harus memastikan pelayanan kesehatan sampai desa-desa. Jangan lagi ada kematian pada ibu hamil, karena tidak ada fasilitas kesehatan,” kata dia di Bandar Lampung, Kamis (5/3).

Pasangan nomor urut tiga yang berpasangan dengan calon gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi ini mengungkapkan bahwa dalam programnya sebagai Bupati Lampung Timur telah menggalakkan Jumat Sehat, yang tujuannya setiap petugas kesehatan di puskesmas turun langsung ke desa memeriksa warganya secara rutin.

Program ini pun masih terus berlanjut, “Jika dirinya terpilih bersama bapak Arinal Djunadi berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal,”katanya.

Ia mengingatkan, kader kesehatan di desa-desa harus rutin diberikan pelatihan. Secara rutin juga melakukan pengecekan kesehatan terhadap warga dan bila ada yang hamil dan telah memasuki masa siap melahirkan maka akan langsung diberikan dikawal untuk mendapatkan kepastian tempat melahirkan.

“Sehingga jika ada warga yang sakit atau masa kehamilan mendekati melahirkan, akan segera diberikan pemeriksaan dan perawatan secara intens,” kata perempuan yang pernah menjabat anggota DPR RI.

Jangan sampai menurutnya pelayanan kesehatan di Lampung tidak menyentuh masyarakat yang tinggalnya masih berada di pedalaman dan pedesaan. Oleh karena itu peran kader posyandu dan kader puskesmas sangat dibutuhkan.

“Puskesmas desa (puskesdes) yang menjadi program unggulan pemerintah pusat harus dipastikan aktif dan memiliki tenaga kesehatan dan obat-obatan dasar,” tegasnya.

Agar semua itu terwujud menurutnya maka dukungan semua pihak khususnya masyarakat Lampung  jangan lupa tanggal 27 Juni pilih nomor urut tiga, Arinal Djunaidi-Chusnunia calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung.

“Agar kita bisa bersama memperbaiki sistim pelayanan kesehatan masyarakat dari desa sampai di kota-kota,” tegasnya (*)

Post a Comment

0 Comments