Survey Rakata Institute : Arinal - Nunik Unggul, Ridho Nomor 3


Taktik Lampung – Hasil survey pemilihan gubernur Provinsi Lampung tahun 2018 oleh Rakata Institute mengunggulkan   pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi-Chusnunia dengan jumlah 33,30 persen.

“Hasil survey yang dilakukan pasangan Arinal-Nunik mengungguli ke tiga pasangan lain,” ucap Direktur Eksekutif Rakata Institue Eko Kuswanto, di Kota Bandar Lampung, Sabtu (23/6).

Rakata Institue melakukan survey pada pertengan bulan Juni 2018, yang hasilnya 
Arinal Djunaidi-Chusnunia mengungguli pasangan lain dengan jumlah 33,30 persen. Tren peningkatan jumlah pemilih untuk nomor tiga terus naik setiap bulan sehingga hasilnya telah didapatkan.

"Animo masyarakat untuk memilih tahun ini sangat tinggi, sehingga sangat berpengaruh pada tren pemilih nomor urut tiga," ungkapnya.

Terkait data yang keluar di media sosial beberapa waktu lalu memang benar milik Rakata Institute, yang tidak diketahui  bagaimana data tersebut bisa keluar sebab pihaknya tidak ingin melakukan publikasi pada survey terakhir.

"Hari ini melakukan konfrensi pers karena  beredarnya hasil survei Pilgub milik kami," katanya.

Sekali lagi ditegaskan, bahwa Rakata Institute terdaftar di KPU sebagai penyelenggara quick count bukan survey tapi pihkanya tidak ingin melakukan publikasi ini dialkukan karena survey yang dilakukan keluar. "Saya tidak tahu bagaimana bisa bocor," katanya.

Kemudian metode yang dipakai dalam survei ini adalah stratified random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) plus minus tiga persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Menurutnya, untuk pilkada tahun 2018 ini animo masyarakat untuk memilih sangat tinggi dibandingkan pilkada yang sebelumnya. Dengan swing voter atau masa mengambang hanya 2,61 persen. 

Dalam hasil survey yang dilakukan Rakata Institute, pasangan nomor urut satu Ridho Ficardo – Bahtiar Basri meraih 23,30 persen, pasangan nomor urut dua Herman HN-Sutono meraih 31,30 persen, pasangan nomor urut tiga Arinal Djunaidi – Chusnunia meraih 33,30 persen, pasangan nomor urut empat Mustafa – Ahmad Jajuli meraih 10,50 persen.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments