Komunitas Penghobi Bonsai Gelar Kopdar di Kota Metro

Foto.Ist

Taktik Lampung - Puluhan Komunitas Penghobi Bonsai bersama PBBI cabang Kota Metro menggelar acara Kopi Darat (Kopda) di Taman Kota Metro, Minggu (23/06/2019) pagi. 

Pertemuan bertemakan Kopdar On The Road ini menampilkan berbagai bonsai baik yang masih bangkalan milik pemula hingga berkelas dengan beraneka ragam jenis tanaman hias yang dipamerkan berupa asam jawa, Cendrawasih, Sancang, Mustam, Asoka, Sisir dan jenis tanaman lainnya yang memukau para pengunjung di Taman Merdeka Kota Metro.
 
Ketua PBBI cabang Kota Metro Khaidirsyah mengatakan, acara ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi dan diharapkan dapat saling bertukar pengalaman, ilmu seputar Bonsai khususnya di Bumi Sai Wawai. Selain itu, acara ini dikemas guna memikat para bagi pemula untuk dapat menyalurkan bakat  dan hobi mereka hingga  dapannya diharapkan, selain sebagai hobi namun juga dapat meningkatkan kwalitas dunia perbonsaian.

Menurut khaidirsyah, penghobi bonsai di Kota Metro sampai dengan saat ini jumlah sudah cukup banyak dan perlu untuk dirangkul dan dibina. 

"Mereka yang berkumpul disini belum semua tergabung di Sekretariat PPBI cabang Kota Metro. Namun dengan adanya kegiatan ini saya sendiri merasa bangga dan mudah-mudahan kita bisa bertukar ilmu tentang bonsai disini," ujarnya.

"Selama beberapa tahun terakhir ini, penghobi bonsai yang ada di Kota Metro kian hari kian bertambah. Bahkan dari beberapa waktu yang lalu bonsai asal Kota Metro mengikuti event di Bengkulu,"tandasnya.

"Sudah ada bonsai asal Metro yang mengikuti event di Bengkulu. Bonsai tersebut adalah milik mas Eko Siswanto," tambah Haidirsyah.

Event semacam ini rencananya akan dijadikan kegiatan rutin minimal Sebulan sekali guna menumbuhkan kebersamaan sesama penghobi bonsai, bahkan rencana tersebut diamini Ketua PBBI metro, pasalnya, kegiatan ini baik serta apresiasi dari mereka yang belum tergabung dalam PBBI Metro.

" Agenda kedepannya, selain ajang silaturhahmi, kita akan kemas kegiatannya lebih menarik dan bermanfaat misalnya akan ada demo bagaimana memasang kawat ( wiring) bagi para pemula", pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan, ajang kopda para penghobi bonsai ini ramai dikunjungi masyarakat disekitar Taman merdeka untuk melihat keindahan tanaman hias tersebut. 

"Untuk event di Kota Metro rencananya kita akan adakan tahun depan. Masyarakat yang ingin belajar membuat bonsai bisa langsung ke Sekretariat dan bisa bertemu dengan saya langsung," tutupnya. ( TL/*)

Post a Comment

0 Comments