Andi Surya Apresiasi Dukungan Komunitas Seni Budaya


Taktik Lampung - Doktor H,Andi Surya Bakal Calon Walikota Kota Metro Periode 2020-2025 mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi atas dukungan, doa restu dan pilihan untuk menjadikan dirinya Walikota Kota Metro Periode 2020-2025.

"Saya atas nama seluruh Keluarga Besar Doktor.H.Andi Surya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi penuh atas dukungan komunitas seni budaya menjadikan saya Walikota Metro Periode 2020-2025.Amin,"kata DOktor H.Andi Surya, diwawancarai disela-sela kunjungannya di sejumlah titik Kota Metro, Rabu 11 September 2019.

Doktor H.Andi Surya, menuturkan bahwa budaya dan keragaman seni di Banyuwangi semakin mengakar kuat seiring berkembang pesatnya promosi wisata ke dunia internasional. Kolaborasi keduanya itu dinilai harus bisa sejajar dengan dorongan sinergitas pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan dengan pendekatan budaya bukan sesempit kala pemerintah daerah menggelar gebyar pertunjukan seni tari atau pameran lukisan. Maka, kebudayaan pun menjadi strategi untuk melakukan tiga konsolidasi.

"Maka kebudayaan bukan hanya tari, musik, lukis, atau jenis seni-seni lainnya saja. Karena salah satu tugas bupati adalah menyejahterakan masyarakat, maka program pengembangan kebudayaan yang digerakkan pemerintah juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat," ujar

Konsolidasi yang pertama memegang perananan ialah masyarakat. Dengan pendekatan kebudayaan, masyarakat merasa lebih terlibat dalam pembangunan daerahnya. Masyarakat secara langsung akan ikut andil dalam mengkreasi program pengembangan daerah.

"Warga bisa ikut terlibat bersama-sama menciptakan karya yang bermanfaat bagi sesama, bagi daerahnya," kata Doktor Andi Surya

Kedua, konsolidasi birokrasi. Dengan program-program pengembangan kebudayaan, birokrasi tak lagi terjebak ego sektoral. Pasalnya, program pengembangan budaya pastilah berdimensi multi sektor. Semisal, infrastruktur jalan, teknologi informasi, peningkatan SDM warga dan sebagainya.

"Contoh konkrit misalnya, bagaimana budaya agraris masyarakat bisa saling dukung dengan kemasan wisata, maka muncullah konsep agrotourism. Inilah yang mengikis ego sektoral birokrasi, karena melibatkan banyak dinas sekaligus," ujarnya

Ketiga, konsolidasi penguatan ekonomi rakyat. Dengan pendekatan budaya, Banyuwangi ingin berkreasi menjadi daerah yang maju secara ekonomi dengan akar budaya yang tetap membumi. 

"Setelah peningkatan secara statistik kuantitatif itu, kita harus mendorongnya ke arah kualitatif. Maka kita bicara pemerataan ekonomi. Ini menjadi pekerjaan rumah kami ke depan dengan terus mengembangkan daerah berbasis pendekatan budaya,"imbuh Doktor H.Andi Surya.

Pendekatan budaya dalam pembangunan sangat relevan karena pendekatan budaya mengharuskan pemahaman terhadap masing-masing kelompok masyarakat tidak digeneralisasi, namun dibikin unik berdasarkan karakter dan potensinya.

"Misalnya, di kawasan utara, didekati dengan kebijakan A. Adapun di kawasan selatan, dengan karakter dan potensi yang berbeda, didekati dengan kebijakan B. Ini yang sedang terus kami lakukan, tentu dengan masih banyak kekurangan di sana-sini,"pungkas Doktor.H.Andi Surya, Bakal Calon Walikota Metro 2020-2025.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments