Andi Surya Dukung Penuh Gerakan Creatif City Warga Metro

DR.H.Andi Surya
(Foto.Ist)
Taktik Lampung - Doktor H.Andi Surya, selaku Ketua Yayasan Universitas Mitra Lampung dan Bakal Calon Walikota Kota Metro Periode 2020-2025 mengapresiasi serta mendukung penuh langkah para jawara ekonomi kreatif Metro melatih, membimbing dan melakukan tindakan pelatihan usaha ekonomi kreatif warga Kota Metro. Perspektif pembangunan creatif city digulirkan sebagai solusinya.

Lalu, siapakah jawara itu; pelopornya adalah Budi Nugroho, warga Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat Kota lelaki tekun dan ulet yang merupakan jawara usaha ekonomi kreatif dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Kewirausahaan (LPK) Lentera Abdi Pertiwi memiliki keinginan luhur dan adiluhung mendirikan sekolah seperti Universitas Mitra Lampung dan Global Surya milik Bakal Calon Walikota Kota Metro Periode 2020-2025 Doktor H.Andi Surya.

Bedanya adalah, sekolah versi Budi Nugroho jawara ekonomi kreatif Metro ini diperuntukan bagi anak-anak bangsa kurang mampu, generasi milinial putus sekolah, disabilitas, mantan napi dan sejenisnya.Sebagai langkah awal, Budi Nugroho jawara ekonomi kreatif Metro telah mendirikan Lembaga Pemberdayaan Kewirausahaan (LPK) Lentera Abdi Pertiwi; sebuah lembaga yang melatih membimbing dan melakukan tindakan pelatihan usaha ekonomi kreatif yang lahir dengan kebersamaan ditengah masyarakat untuk bersama membangun usaha kreatif dilatarbelakangi oleh keprihatinan miskinnya perhatian pemerintah terhadap usaha kreatif.

"Perpektif kami, bahwa orang menganggur karena, pertama malas sama sekali dan kedua kedua tidak punya ketrampilan maka  Kami tidak perlu bantuan apa-apa hanya membutuhkan dukungan karena sesungguhnya orang-orang yang berkreasi dengan produk-produk usaha kami. Siapapun Balon Walkot Metro mendatang, jika berpihak pada pengembangan ekonomi kreatif, pasti kami All Out,"tutur Budi  Nugroho, saat diwawancarai di Galeri Lentera Abdi Pertiwi, Yosomulyo Metro Pusat Kota Metro, Senin, 8 September 2019

Menurut Doktor H.Andi Surya, selaku Ketua Yayasan Universitas Mitra Lampung dan Bakal Calon Walikota Kota Metro Periode 2020-2025, saat ini angka pengangguran terbuka di Kota Metro Provinsi Lampung tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 1200 orang menjadi 4723 orang. Pemberdayaan ekonomi kreatif oleh Mas Budi Nugroho di Kota Metro bakal menjadi satu sektor andalan Provinsi Lampung dalam bidang ekonomi. 

Oleh sebab itu, dibutuhkan percepatan untuk menumbuhkembangkan potensi ekonomi kreatif di Kota Metro,"kata Doktor H.Andi Surya saat diwawancarai disela-sela kunjungannya pada sejumlah titik wilayah di Kota Metro, kemarin.

Lanjut Doktor H.Andi Surya, selaku Ketua Yayasan Universitas Mitra Lampung dan Bakal Calon Walikota Kota Metro Periode 2020-2025; Untuk  menumbuhkembangkan Kota Metro sebagai Creative City, 

"Maka pemerintah perlu mengambil langkah yaitu: Memperluas pasar produk kreatif baik di pasar ekspor maupun pasar domestik; Memfasilitasi proses kreasi seperti pembangunan ruang kreatif, jaringan orang kreatif; Memfasilitasi usaha kreatif sepanjang rantai produksi dengan menyediakan akses ke sumber permodalan atau pasokan SDM produksi, dan akses ke pasar; dan Memfasilitasi penumbuhan usaha kreatif terutama bagi usaha pemula (Start up Business),"ujarnya.

Berikut perspektif Doktor H.Andi Surya terhadap creatif city (kota kreatif)

1.Kota yang menjunjung tinggi keanekaragaman sosial budaya.

2.Kota yang terbuka memuliakan nilai-nilai kemanusiaan, serta menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, solidaritas, dan perdamaian.

3.Kota yang dapat melindungi hak asasi manusia yang membela hak ekonomi, sosial, dan budaya masyarakatnya.

4.Kota yang memuliakan kreativitas masyarakatnya, mengembangkan dan memanfaatkan kecerdasan, kearifan lokal, keterampilan, daya cipta, dan kemampuan nalar.

5.Kota yang tumbuh bersama lingkungan lestari, yang hidup selaras dengan dinamika lingkungan dan alam sekitar.

6.Kota yang memelihara kearifan sejarah.

7.Kota yang dikelola secara transparan, adil, dan jujur, yang mengedepankan nilai gotong royong dan kolaborasi.

8.Kota yang dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

9.Kota yang memanfaatkan energi terbarukan, yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan energi secara bijak dan berkelanjutan.

10.Kota yang mampu menyediakan fasilitas umum yang layak. Termasuk untuk kelompok masyarakat rentan dan berkebutuhan khusus.(TL/*)

Post a Comment

0 Comments