Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung Gelar Diklat


Taktik Lampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Kepala Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA/sederajat Se Provinsi Lampung, Senin (16/09/2019).

Diklat Calon Kepala Perpustakaan Sekolah tersebut, dihadiri seluruh pihak Sekolah SLTA/sederajat Se Provinsi Lampung yang berlangsung di Hotel Kurnia 2 Bandarlampung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir. Ferynia saat membuka Diklat secara resmi mengatakan, saya bangga dan bersyukur atas dukungan dan kehadiran Kepala Perpustakaan Nasional RI atau yang mewakili, dengan begitu semangat dalam membangun Perpustakaan di daerahnya akan terus menjadi kemajuan dalam mencerdaskan masyarakat dan anak anak pelajar, ujarnya.

"Kita akan terus mengupayakan peningkatan kualitas tenaga Perpustakaan, artinya tenaga yang akan memiliki Kompetensi di bidang Perpustakaan," kata Ferynia.

Menurutnya, untuk mewujudkan itu, maka perlu terus dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga Perpustakaan seperti Diklat Bidang Kepustakaan saat ini, singkatnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan yang lama Koimah Indraguru didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan yang Baru Heriyansyah mengatakan, berdasarkan UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada pasal 29 ayat(1) menyebutkan bahwa, tenaga Perpustakaan terdiri dari Pustakawan dan tenaga teknis Perpustakaan. Dengan kita terus tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Perpustakaan  yang handal dan berkompeten, maka kita semua bergerak mendorong dalam mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya, urai Koimah Indraguru.

"Ya, tenaga Perpustakaan merupakan ujung tombak keberhasilan Perpustakaan dalam memberikan layanan kepada Pemustaka," kata Koimah Indraguru.

Maka, Diklat ini merupakan visi dalam mewujudkan tenaga Perpustakaan yang memiliki Kompetensi, kita akan gelar pelatihan dan pendidikan  tentang Perpustakaan selama lebih dari seminggu, tambahnya.

Menurutnya, secara nyata di era persaingan dan perubahan yang terus bergerak cepat, Perpustakaan harus lebih mampu melakukan upaya terobosan dan terus menciptakan inovasi dalam hal produk dan layanan kepada Pemustaka, jelasnya.

Saya berharap, kepada seluruh peserta Diklat Calon Kepala Perpustakaan Sekolah SLTA/Sederajat se Provinsi Lampung ini, dapat memanfaatkan dengan baik, agar bekal yang diperoleh dari kegiatan ini bermanfaat untuk membangun kemajuan Perpustakaan di daerahnya masing masing, harapnya.

"Kami berharap seluruh peserta dapat mengimplementasikan ditempat tugasnya masing masing," kata Koimah Indraguru, yang kini menjabat Kepala UPTD wilayah 1 pada Dinas Pendapatan Daerah.

Diakhir sambutannya, Koimah memberikan motivasi dalam mewujudkan literasi untuk kemajuan dan mencerdaskan masyarakat yaitu, " Jadikanlah memberi itu bukanlah berwujud materi, akan tetapi memberi itu kita jadikan apakah kita itu peduli" dan "Jangan bandingkan suatu proses Mu dengan orang lain. Karena tak semua Bunga akan tumbuh dan mekar secara bersamaan" , pesan Koimah kepada para peserta Diklat Calon Kepala Perpustkaan Sekolah. (TL/*/HMS)

Post a Comment

0 Comments