Pemprov Lampung Dorong Inovasi Program untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM

 
Taktik Lampung - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mendorong inovasi sejumlah program di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung agar mampu menjawab berbagai persoalan dalam mewujudkan Provinsi Lampung Berjaya. Salah satu yang ditekankan Wagub adalah inovasi program untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 
Hal tersebut disampaikan Wagub dalam ekpos rencana strategis (renstra) tahun 2019 – 2024 dan Rencana kerja (Renja) tahun 2020 Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Bandarlampung, Rabu, (11/10/2019).

“Dalam rangka memajukan Koperasi dan UKM di Provinsi Lampung, maka dibutuhkan berbagai program kerja yang konkrit. Program kerja tersebut harus dapat bersentuhan dan mampu dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” jelas Wagub Chusnunia.

Wagub menilai berbagai persoalan saat ini membutuhkan inovasi program kerja terutama yang dapat secara langsung memberikan dampak positif terhadap meningkatnya perkonomian masyarakat Lampung. 

“Inovasi program kerja tersebut juga harus sesuai dengan 33 janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Dan tentunya harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Lampung,” jelasnya.

Dalam paparannya, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Isron Fadtricar menuturkan bahwa Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung terus melakukan inovasi program kerja dalam rangka mendukung dan mewujudkan Rakyat lampung Berjaya. 

“Adapun inovasi program kerja yang dilakukan di antaranya melakukan perluasan akses pasar melalui digitalisasi, menjalin kerjasama kemitraan dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan daya saing koperasi dan UMKM, memfasilitasi proses pembuatan perizinan bagi UMK se-provinsi Lampung dan memfasilitasi pengurusan legalitas usaha bagi UMK,” jelas Fadtricar.

Inovasi lainnya yaitu mengenalkan produk unggulan Lampung khususnya Tapis dengan berbagai evolusinya melalui kegiatan festival tapis, mengenalkan keberagaman produk-produk UMKM melalui Gebyar UKM, serta melakukan bedah koperasi. (TL/*/HMS)

Post a Comment

0 Comments