Gubernur Arinal dan Ibu Riana Hadiri Pelantikan Ibu Tri Tito Karnavian sebagai Ketua TP. PKK Pusat Periode 2019 - 2024


Taktik Lampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menghadiri Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Pusat Periode 2019 - 2024, dari Ibu. dr Erni Guntari Tjahjo Kumolo kepada Ibu Tri Tito Karnavian, Ruang Kartika Expo Center, Balai Kartini Jl. Gatot Subroto Kav. 37, Setia Budi Jakarta Selatan, Selasa (12-11-19).

Acara tersebut dihadiri juga oleh menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Desa Abdul Halim Iskandar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak : Gusti Ayu Bintang Darmavati , Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menilai acara ini cukup penting karena ada perintah dari Presiden dan Ibu Iriana Jokowi bahwa PKK harus aktif dan penting untuk digerakkan di berbagai tingkatannya.

"Bayangkan negara besar lainnya dahulu bisa kuat bersatu, namun akhirnya berkeping keping berantakan karna adanya perpecahan. Indonesia berhasil tetap menjaga keutuhan bangsa, namun negara kita belum berhasil menjadikan mayoritas kelas menengah kehidupan ekonominya menjadi mayoritas dalam artian masyarakat indonesia yang berkemajuan dalam ekonomi melalui kebijakan otonomi daerah," ujar Tito.

Menurut Tito, kekuatan ekonomi ada di Kabupaten/Kota sampai desa. Desa adalah ujung tombak pembangunan. "Ketika pemerintah pusat membangun Indonesia dari pinggiran dimulainya dari desa, Peran PKK jauh lebih penting lagi, yaitu membangun indonesia dari keluarga," ujar Mendagri Tito. 
Pembangunan lainnya, seperti pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan mental spritual, tambah Tito, dimulai dari lingkungan keluarga dan tugas itu adalah PKK. 
"Oleh karena itu PKK sangat diharapkan peranannya dalam mewujudkan Indonesia Berkemajuan," ungkap Tito Karnavian.

Sementara itu, Ibu Riana Sari Arinal menyampaikan atas nama Pengurus PKK Provinsi Lampung dan masyarakat Lampung mengucapkan selamat kepada Ibu Tri Tito Karnavian yang telah dilantik menjadi Ketua Umum TP PKK Pusat.
"Semoga sukses dalam melanjutkan program PKK dari pengurus PKK sebelumnya. PKK Provinsi Lampung siap mendukung dan terus bersinergi dengan PKK Pusat," ujar Riana.

Adapun sinergi tersebut termasuk juga menuntaskan 10 Program Pokok PKK : Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. (TL/*/HMS)

Post a Comment

0 Comments